Poskesdes Karanganyar bersama Mahasiswa KKN UNEJ Membangun Desa (UMD) Kelompok 288

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Karanganyar bersama mahasiswa KKN UNEJ Membangun Desa (UMD) Kelompok 288 melakukan kegiatan pelayanan kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) balita dan ibu hamil serta lansia di Dusun Gadingan, Desa Karanganyar, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso pada Selasa (26/7).

Posyandu merupakan upaya pemerintah desa untuk menanggulangi masalah kesehatan serta memberikan fasilitas kesehatan dasar untuk masyarakat. Kegiatan pelayanan dikhususkan untuk balita dan ibu hamil, serta lansia. Posyandu balita dan ibu hamil bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan anak dengan melakukan pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar. Dengan adanya posyandu balita dan ibu hamil ini diharapkan tumbuh kembang anak dapat lebih terpantau serta dapat menghindari resiko gizi buruk dan stunting. Selain itu, posyandu balita dan ibu hamil ini juga untuk mendeteksi kelainan pada balita, ibu hamil atau menyusui, serta memberikan imunisasi lengkap kepada balita.

Selain posyandu balita dan ibu hamil terdapat pula posyandu yang ditujukan untuk warga lanjut usia (lansia) yakni posyandu lansia. Posyandu lansia adalah layanan kesehatan bagi warga lanjut usia (lansia). Posyandu lansia bertujuan untuk memantau kesehatan warga lanjut usia serta mengakomodir kebutuhan kesehatan lansia.

BACA JUGA :  Pada Perayaan HUT RI Ke-77 Hahun Ini, Pemuda Bondowoso Giat Kolaborasi Dilakukan

Agenda kegiatan posyandu balita dan ibu hamil di Dusun Gadingan kali ini adalah pemantauan kesehatan balita dan ibu hamil, pemberian imunisasi untuk balita, serta pendataan tinggi dan berat badan balita. Pada posyandu lansia dilakukan pengecekan kesehatan lansia meliputi pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan serta pemberian obat untuk lansia yang mengalami hipertensi. Selain itu, petugas POSKESDES Desa Karanganyar juga melakukan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kemampuan Apkowil, Kodim 0822 Bondowoso Gelar Sosialisasi

Selama kegiatan posyandu balita dan ibu hamil serta lansia ini berlangsung, mahasiswa KKN UMD kelompok 288 ikut berpartisipasi membantu petugas POSKESDES dalam melakukan pengukuran dan pendataan berat dan tinggi badan balita serta pemeriksaan kesehatan lansia. Mahasiwa KKN UMD kelompok 288 juga turut serta membantu petugas POSKESDES dalam memberikan imunisasi dan vaksin.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Dan Forkopimda Bondowoso Hadiri Gemerlap Bank Jatim

Kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil serta lansia ini juga sebagai cara pemerintah desa untuk memperoleh data penyebaran kelompok rawan gizi buruk dan stunting dalam lingkup Dusun Gadingan. Pihak desa akan menindaklanjuti data yang diperoleh dan akan melakukan kegiatan posyandu besar-besaran se-Desa Karanganyar pada Kamis (18/8) mendatang. ( Red )