TNI  

Sukseskan KB, Babinsa Koramil 0822/01 Dampingi Akseptor MOW

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Serma Supriyadi dan Kopka Edi Sumarlin yang sehari-harinya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0822/01 Bondowoso dengan semangat melaksanakan pendampingan pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metote Operasi Wanita (MOW) kepada Ibu-Ibu dalam rangka TNI Manunggal KB Kes bertempat di RSUD dr. Koesnadi Bondowoso, Senin (26/06/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan program KB MOW yaitu di tujukan bagi keluarga yang sudah tidak ingin memiliki keturunan lagi atau lebih di kenal dengan MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) operasi yang rencananya dilaksanakan di RSUD dr. Koesnadi Bondowoso pada tanggal 9 Juli 2023 dengan target 170 orang yang setiap harinya dimaksimalkan 40 orang/hari dengan menggunakan metode mini Lap atau laparoskopi sesuai dengan kondisi calon akseptor kontrasepsi mantap.

Sosialisasi menjaring Ibu-ibu yang belum melaksanakan KB melalui Puskesmas setempat dengan didampingi Babinsa diwilayah, sebelum dilaksanakan operasi semua diperiksa (scraining) terlebih dahulu oleh team medis, dan hasilnya semuanya lulus dilanjutkan tindakan medis.

BACA JUGA :  KORAMIL 0822/16 CERME DAN PMI BONDOWOSO BERSATU UNTUK KEBAIKAN: BERLANGSUNGNYA ACARA DONOR DARAH

Serma Supriyadi selaku Babinsa pendamping menyampaikan “Kehadiran Kami selaku Babinsa dalam program pendampingan KB ini memang sudah menjadi tugas kami dalam operasi militer selain perang (OMSP) selain itu pendampingan KB ini merujuk dari kerjasama antara TNI-AD dan BKKBN bahwa TNI juga punya kewajiban untuk ikut membantu dalam hal membatasi laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, selaku aparat kewilayahan babinsa di pandang telah mengenal kultur dan kondisi wilayah binaannya dan selalu memiliki kedekatan dengan warga setempat sehingga informasi apapun program dari pemerintah akan lebih cepat sampai ke masarakat salah satunya adalah program KB ini,” terangnya.

BACA JUGA :  Tidak Ada Kata Lelah Satgas TMMD Ke 116 Bondowoso Turunkan Pasir

Kadis BKKBN Bondowoso Awan Boedhyono, M.Kes., menuturkan “Kami sangat mengapresiasi kepada Babinsa yang selama ini sudah mensuport para Bidan serta para PLKB sehingga dapat menumbuhkan kesemangatan baik dalam mensosialisasikan program KB di desa dan wilayah para bidan desa, Kami tahu memang hal tersebut merupakan bagian tugas TNI dalam bidang bhakti kesehatan, semoga Sinergitas antara Babinsa, PLKB dan para bidan desa kedepan akan semakin baik sehingga program-program pemerintah yang pro rakyat bisa segera sampai ke masarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Pasukan Satgas YONIF R 514 KOSTRAD, Terlibat Langsung Evakuasi Masyrakat DISTRIK Paro Yang Diteror KSTP

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rhn

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.