News  

Pimpin Upacara 17-an, Dandim 0822 Bondowoso Bacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Seluruh Prajurit Kodim 0822 Bondowoso mengikuti Upacara Bendera 17-an bulan Februari 2024, berlangsung di lapangan Makodim Jl. Letnan Sutarman No. 06 kelurahan Kotakulon Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso, Senin (19/2/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Perwira Sandi Letda Inf Suwarno dan diikuti seluruh anggota Kodim 0822 Bondowoso.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang dibacakan Irup mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Kepada seluruh Prajurit dan PNS Angkatan Darat yang telah menyelesaikan Program Kerja dan Anggaran tahun 2023 dengan baik. Hal-hal yang menjadi kendala, hendaknya dapat dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan Program Kerja tahun 2024.

“Sebagaimana kita ketahui, beberapa hari yang lalu bangsa Indonesia telah melaksanakan rangkaian Pesta Demokrasi Pemilu yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam keadaan aman. Untuk itu, saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS beserta keluarga TNI AD yang telah berpartisipasi dalam Pemilu dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan menghindari pelanggaran” tutur Kasad.

Kasad berpesan, agar kita tidak boleh terlena karena tahapan Pemilu masih panjang sampai dengan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang rencana dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 mendatang. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional dengan rasa tanggung jawab terhadap keamanan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Kasad juga menyampaikan bahwa TNI AD telah meresmikan 1.898 titik sumber air di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dari hasil dari Kolaborasi berbagai seluruh komponen bangsa dalam Program TNI AD Manunggal Air guna mendukung ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat Indonesia yang wilayahnya masih kekurangan air bersih. Dan semoga di tahun ini jumlah sumber air dapat lebih dilipatkgandakan lagi.

“Selain itu TNI AD juga turut berperan aktif dalam pelestarian alam. Dalam hal ini telah dilakukan berbagai macam kegiatan diantaranya rehabilitasi Kawasan hutan, pembersihan sampah secara masif di berbagai fasilitas umum, serta penanaman pohon keras di lahan gundul. Ini adalah wujud nyata TNI AD untuk menjaga kerusakan lingkungan kita bersama. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI AD agar terus menggelorakan kepedulian terhadap lingkungan dan aktif dalam pelestarian alam sekitar” pungkasnya.

Upacara bendera 17-an bulan Pebruari 2024 dilaksanakan dengan penuh hikmat dan lancar. (Rahman).