TNI  

Jaga Kearifan Lokal, Satgas TMMD 116 Bondowoso Gelar Selamatan

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Jaga Kearifan Lokal Bersama Warga, Satgas TMMD Ke-116 Kodim 0822 Bondowoso gelar selamatan sebagai bentuk menghargai dan menghormati budaya luhur masyarakat Indonesia dan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat, personel yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke–116 Bondowoso bersama warga mengadakan selamatan dan berdo’a bersama di rumah Bapak Burawi Dusun Krajan Desa Kerang Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan selamatan ini dilakukan masyarakat dengan mengundang personil Satgas TMMD yang hendak bertugas melakukan rehabilitasi Mushola Ikhlas, dan jambanisasi di wilayah Desa Kerang.

Kehadiran Satgas TMMD Ke-116 Kodim 0822 Bondowoso di tengah-tengah acara tersebut sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Diundangnya anggota Satgas TMMD di acara ini, merupakan indikasi positif bahwa kehadiran TNI tak hanya dapat diterima warga setempat melainkan mampu berbaur dengan masyarakat.

Pantauan di lapangan, dalam acara selamatan itu, tampak sejumlah personil Satgas TMMD yang berasal dari Yon Armed 8 dipimpin Kapten Arm Hasanuddin, berbaur bersama warga duduk bersila mengelilingi tumpeng. Terpantau pula acara diawali dengan do’a bersama dilanjutkan menikmati hidangan tumpeng.

Menurut Babinsa Kerang, Koramil 0822/12 Sukosari, Koptu Jumari acara selamatan itu biasa dilakukan di warga Desa Krajan dan dusun lainnya di wilayah Desa Kerang. ”Acara seperti ini, biasanya dilaksanakan apabila ada kegiatan besar, seperti hajatan, pesta pernikahan, pembangunan tempat ibadah, panen raya, dan lain-lain. Jadi ini sudah mentradisi,” ungkapnya.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rhn