News  

Babinsa Koramil 0822/07 Maesan Bersama Warga Membuat Pondok Keranda

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Babinsa Koramil 0822/07 Maesan, Kodim 0822/Bondowoso, Serka Yandi Gunawan melaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat Dusun Kosabeh Barat, Desa Gunung Sari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso. Kegiatan pendampingan ini untuk membuat keranda (Penduso) sekaligus tempat penyimpanannya yang menyerupai gasibu dengan bahan dasar kayu yang dihimpun dari warga setempat.

Serka Yandi bekerja sama dengan warga masyarakat dan pihak desa melaksanakan karya bakti pembuatan rumah keranda menjelaskan, dirinya mengawali karya bakti itu dengan koordinasi dengan pihak desa, para tokoh Agama dan masyarakat tentang penyiapan material, Minggu pagi (7/1).

“Selain melaksanakan pembuatan keranda dan pembangunan pondok untuk penyimpanan keranda, tujuan mulia dari kegiatan ini yakni terciptanya kebersamaan serta kepedulian, baik antar sesama warga maupun dengan masyarakat,” paparnya.

BACA JUGA :  Prajurit Kodim 0822 Bondowoso Praka Yulianus Imbir Sabet Juara 1 Nasional MMA

Serka Yandi melanjutkan, pondok keranda berukuran lebar kurang lebih 4 x 4 meter dengan tinggi sekitar 3 meter ini baru dimulai pembuatannya yang nantinya akan menjadi kebutuhan khusus, memiliki banyak manfaat baik dari sisi kemanusiaan maupun spiritual.

BACA JUGA :  Kejaksaan Negeri Bondowoso Musnahkan Sejumlah Barang Bukti Tindak Pidana

Lagi pula dengan dibangunnya pondok di tengah-tengah lahan makam juga mengurangi rasa takut warga ketika ada salah satu warga dusun meninggal yang menurut keterangan warga, alat itu berbunyi sendiri pada waktu masih disimpan di samping musholla,” jelasnya.

Karya bakti pembangunan pondok penduso ini juga merupakan salah satu program Desa Gunung Sari yang dibantu oleh Babinsa Koramil Maesan yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan gotong-royong antar warga.

BACA JUGA :  Satgas TMMD 116 Bondowoso, Mulai Pengecatan RUTILAHU

“Terima kasih banyak kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, seluruh warga Desa Gunung Sari dan Babinsa Koramil 0822/07 Maesan yang telah memprogramkan pembangunan pondok penduso dan membantu dalam pelaksanaannya,” pungkas Hermansyah, Kepala Dusun setempat. (Rahman).

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.