Tips Bersih-Bersih Setelah Lebaran

Lebaran adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang, di mana keluarga berkumpul untuk merayakan hari raya bersama-sama. Namun, setelah riuhnya perayaan, tiba saatnya untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumah dari sisa-sisa kegiatan lebaran. Bersih-bersih setelah lebaran penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukan bersih-bersih dengan efektif setelah lebaran.

Mengapa Pentingnya Bersih-Bersih Setelah Lebaran

Menghilangkan Sisa-Sisa Kegiatan Lebaran

Setelah lebaran, rumah mungkin menjadi berantakan dengan sisa-sisa makanan, kemasan, dan dekorasi. Membersihkan rumah dari semua sisa-sisa kegiatan lebaran akan membuat rumah terasa lebih segar dan rapi.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Keluarga

Kebersihan rumah memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Dengan membersihkan rumah secara menyeluruh, Anda dapat mengurangi risiko penyakit dan infeksi.

Tips Bersih-Bersih Setelah Lebaran

Perencanaan Sebelum Memulai Bersih-Bersih

Sebelum memulai bersih-bersih, penting untuk membuat perencanaan. Persiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan, dan tentukan waktu yang tepat untuk melakukan bersih-bersih.

BACA JUGA :  Surplus Indonesia dan AEON Mall Menjalankan "Aksi Bersama untuk SDGs"

Persiapan Peralatan dan Bahan-Bahan

Pastikan Anda memiliki semua peralatan pembersih yang diperlukan, seperti sapu, pel, sikat, dan pembersih lantai. Persiapkan juga bahan-bahan pembersih seperti sabun, deterjen, dan pembersih multi-guna.

Penetapan Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan bersih-bersih, saat semua anggota keluarga tersedia untuk membantu dan tidak ada gangguan lain yang menghalangi.

Langkah-Langkah Bersih-Bersih

Mulailah dari ruang tamu dan area umum, lalu lanjutkan ke dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Bersihkan semua permukaan, termasuk lantai, dinding, dan perabotan.

Memulai dari Ruang Tamu dan Area Umum

Ruang tamu dan area umum adalah tempat di mana tamu sering berkumpul. Bersihkan semua permukaan, cuci karpet, dan atur kembali perabotan jika diperlukan.

Membersihkan Dapur dan Ruang Makan

Dapur dan ruang makan mungkin menjadi berantakan setelah lebaran. Bersihkan dapur dari sisa-sisa makanan, cuci peralatan makan, dan bersihkan kompor serta oven.

Membersihkan Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Pastikan kamar tidur dan kamar mandi juga mendapat perhatian saat bersih-bersih. Ganti sprei dan bantal dengan yang baru, bersihkan toilet, dan bersihkan wastafel dan bak mandi.

BACA JUGA :  INOVASI CDR ONLINE TPS RAIH PENGHARGAAN DALAM AJANG MARKETEERS AWARD 2023

Menerapkan Konsep “Decluttering”

Selain membersihkan rumah, juga penting untuk menerapkan konsep “decluttering” atau mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan.

Membuang Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan

Buang atau sumbangkan barang-barang yang sudah tidak digunakan atau tidak dibutuhkan lagi. Ini akan membantu menyederhanakan ruang dan mengurangi kekacauan.

Menata Kembali Barang-Barang yang Tersisa

Setelah membuang barang-barang yang tidak dibutuhkan, tata kembali barang-barang yang tersisa agar terorganisir dengan baik. Gunakan rak, kotak penyimpanan, atau organizer untuk menyimpan barang dengan rapi.

Strategi Efektif Menjaga Kebersihan Setelah Lebaran

Melibatkan Seluruh Anggota Keluarga

Bersih-bersih setelah lebaran bukanlah pekerjaan yang harus dilakukan sendirian. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk membantu membersihkan rumah.

Membuat Jadwal Rutin untuk Membersihkan Rumah

Agar kebersihan rumah tetap terjaga setelah lebaran, buatlah jadwal rutin untuk membersihkan rumah. Tentukan hari dan waktu khusus untuk membersihkan berbagai bagian rumah.

Bersih-bersih setelah lebaran adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menerapkan strategi efektif, Anda dapat melakukan bersih-bersih dengan lebih efisien dan menyenangkan.

BACA JUGA :  VRITIMES dan InspirasiKalbar.com Berkolaborasi untuk Meningkatkan Jangkauan dan Kualitas Berita di Kalimantan Barat

Di era digital seperti saat ini, Anda tak perlu repot dan lelah. Kini hadir penyedia jasa yang dapat membantu Anda bersih-bersih rumah setelah Lebaran. 

Anda bisa menggunakan jasa service Suwun sebagai hampers yang unik. Suwun adalah aplikasi Penyedia Jasa JABODETABEK. Perusahaan bisa menemukan beragam penyedia jasa di Suwun. Selain mudah diakses, Suwun juga menyediakan mitra terdekat dari lokasi perusahaan. 

Suwun mempunyai lebih dari 3.000+ mitra jasa yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan. Manfaat pesan jasa di Suwun.co.id selanjutnya adalah perusahaan dapat membandingkan budget dan keahlian mitra jasa yang tersedia. Ada pula penawaran untuk pembayaran per-term sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Anda dapat akses layanan Suwun melalui Aplikasi, Website, Shopee, dan menghubungi admin melalui WhatsApp

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES