PT Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Pohon Mangrove di Pesisir Indramayu

Bersama LindungiHutan, PT Esta Dana Ventura melakukan aksi penanaman ribuan mangrove di Pesisir Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu.

PT Esta Dana Ventura, sebuah lembaga keuangan non-bank terkemuka di Indonesia, menunjukkan komitmen kuatnya terhadap pelestarian lingkungan dengan menanam 5.001 pohon mangrove di pesisir Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu (22/5). Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye Green Future dengan menggandeng startup lingkungan, LindungiHutan.

Selain berfokus pada pemberdayaan ekonomi, perusahaan juga memperlihatkan kepedulian yang mendalam terhadap isu-isu lingkungan. Inisiasi kampanye Green Future ini sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG), yang diwujudkan melalui aksi nyata bersama komunitas dan para pemangku kepentingan.

BACA JUGA :  Laporan Tahunan LindungiHutan 2023, Ungkap Kontribusi untuk Sosial dan Lingkungan

Aksi penanaman mangrove di Pesisir Pabean Ilir, Indramayu.

“Esta Dana Ventura berkomitmen untuk mengedepankan ESG. Salah satu program untuk mendukung komitmen tersebut melalui kampanye Green Future penanaman 5.001 pohon mangrove,” Aries Dewanto R, Chief of Coordinator Region PT Esta Dana Ventura.

Penanaman ini merupakan bentuk komitmen dan kontribusi nyata perusahan untuk perbaikan lingkungan. Selain untuk keseimbangan ekosistem, penanaman mangrove bermanfaat untuk masyarakat. Hal tersebut seperti yang diucapkan Kokom Komalasari, Perwakilan PT Esta Dana Ventura.

“Tahun sebelumnya telah diadakan kegiatan seperti ini dan kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dapat membantu menyelamatkan lingkungan agar tidak terkena abrasi dan masyarakat sekitar yang terdampak”. 

BACA JUGA :  Tip & Trik Memanfaatkan Software Kasir POS dalam Bisnis Anda

Aksi nyata kegiatan penghijauan PT Esta Dana Ventura. 

Penanaman pohon mangrove di pesisir Pabean Ilir melibatkan beberapa karyawan Esta Dana Ventura, Paguyuban Penyelamat Lingkungan Pesisir Pabean Ilir yang dipimpin oleh Riyanto, serta tim dari LindungiHutan. 

Aksi ini bertujuan untuk menyelamatkan pesisir dari kerusakan lingkungan terutama abrasi dan memperkuat ekosistem pesisir dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Penanaman ribuan mangrove oleh PT Esta Dana Ventura di Indramayu.

Pesisir Pabean Ilir tercatat memiliki hutan mangrove seluas 367 hektar yang tersebar sepanjang pantai. Kawasan ini memiliki potensi besar sebagai area edukasi dan wisata mangrove yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. 

Namun, aktivitas perambahan dan konversi lahan mangrove menjadi tambak, pertanian, dan pemukiman telah mengancam keberadaan hutan mangrove. Pohon mangrove dipilih dalam kampanye ini karena kemampuannya untuk menahan abrasi, meredam tsunami, menyerap emisi karbon, dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies serta sumber pendapatan bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Horison Group siap luncurkan Grand Palma Hotel Bintang 4, setelah sukses dengan 7 tahun Bintang 3 di Pangandaran

Melalui kampanye Green Future, PT Esta Dana Ventura berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi antara masyarakat, perusahaan, dan pemerintah dalam menjaga kelestarian alam. 

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES