POSBAKUM Pengadilan Negeri Bondowoso Sosialisasi Hukum di Desa Jebung Kidul

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Posbakum Pengadilan Negeri Bondowoso Melaksanakan kegiatan MASDARKUM (Masyarakat Sadar Hukum), kegiatan ini diselenggarakan oleh Pos Bantuan Hukum bersama Pemerintah Desa Jebung Kidul, Kegiatan ini merupakan salah satau program YLBH Abu Nawas, yaitu POSBAKUM Adventure.

“Agenda ini merupakan kegiatan rutin kita bekerjasama dengan Desa-desa di Bondowoso, untuk kali ini yang memulai yaitu Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso, ini wujud komitmen kita untuk mewujudkan Amanah undang-undang seperti yang dimaksud dalam UU 16/2011 dan PERMA Nomer 1 Tahun 2014″. Sambut Nurul Jamal Habaib.,SH yang dikenal pengacara nyentrik Berjuluk Abu Nawas.

Acara yang dihadiri oleh 200 Orang dengan antusias menerima materi dan berintraksi dengan Pemateri baik dari Pengadilan, Polres Bondowoso dan Posbakum.

BACA JUGA :  Management Perhutani Berkoordinasi Dengan Kapolres Bondowoso Tentang Kehutanan

Kepala Desa Jebung kidul , Ali Samsidi Menyampaikan mengingat pentingnya acara ini bahwa program ini akan menjadi agenda Rutin per Tiga Bulan.

“ Ini pertama Masyarat Jembung Kidul langsung berintraksi dengan Penegak hukum baik dari Polres, Pengadilan dalam hal ini Hakim, dan dari POSBAKUM, Saya sangat mengapresiasi karena POSBAKUM PN Bondowoso Mampu membahasakan materi hukum dengan bahasa masyarakat sekitar, ya saya berharap masyarakat tercerahkan dengan adanya acara ini”. Sambut Ali Samsidi.

Dalam acara MASDARKUM ini pemateri menyampaikan beberapa hal yang sangat fundamental yang secara komperhensif disampaikan degan bahasa yang mudah difahami masyarakat, contoh ketika Pemateri Ezra Sulaiman, S.H. M.H. Menyampaikan perbedaan antara pidana dan perdata dan pentingnya mengetahui dan faham tupoksi penegak hukum (Pengadilan, Jaksa, Polisi, Pengacara).

BACA JUGA :  Pj Bupati Bondowoso Dengarkan Aspirasi Masyarakat Cerme, Begini Tanggapannya

“Acara ini perlu dicontoh oleh Desa-desa lain yang secara rutin menyelanggarakan Edukasi Hukum terutama kepada masyarakat Kurang mampu, yang membutuhkan edukasi hukum bahkan bantuan hukum secara Cuma-cuma”. Sebut Ezra hakim yang telah bertugas 15 Tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Bondowoso dalam Hal ini Diwakilkan Oleh Bripka. Mustaqim Romli., SH. Menjelasakan perihal pentingnya masyarakat mengetahui tugas dan pokok Polri, beserta satgas PPA, dan Penyalahgunaan dan jenis-jenis narkotika dan peredarannya di Indonesia.

“Edukasi Hukum ini perlu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengimplimentasikan Hukum dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya akan berdampak positif bagi mereka dengan sadar hukum tentulah akan menekan angka kriminalitas dimasyarakat, acara seperti ini haruslah terus digalakkan, Jelas Mustaqim.

BACA JUGA :  Anisatul Hamidah, Ka Dinsos P3AKB, Turun Langsung Dalam Penyerahan Kursi Roda Kepada penyandang Disabilitas

Hadir dalam acara pula dalam acara ini Muspica Tlogosari, Kapolsek Tlogosari dan Danramil, antusias masyarakat yang sejak awal tidak menggebu-gebu tercurahkan dengan adanya Tanya-jawab seputar dunia hukum.

Acara tersebut terlaksana berkat kerjasama POSBAKUM Pengadilan Negeri Bondowoso, Polres Bondowoso, Pemdes Jebung Kidul, SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kabupaten Bondowoso. (Rahman)

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.