TNI  

Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Pecalangon Dalam Rangka TMMD 116 Wilayah Kodim 0822 Bondowoso

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso Melaksanakan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Kegiatan yang dipusatkan di Desa Pecalongan dan diikuti oleh Kepala Desa beserta perangkatnya dan kegiatan tersebut di hadiri oleh BPBD Kabupaten Bondowoso, Danramil Sukosari Kapten Chb Bambang Adi Purnomo sekaligus Plt Kapolsek Sukosari Iptu Yudi Sutristiono, dan Anggota Dewan Dari Fraksi PPP Hj. Siti Masrofatulmanna Wasyallwa. Mpd Dapil 3, Indra Siswoyo Map (Fasilitator), Babinsa, Yuliono Frianda (Kasi Kesiapsiagaan), Anang Bahtiar (Kasi Pencegahan), dan anggota 8 orang juga undangan 30 orang, Minggu (31/05/23).

Destana merupakan desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana bencana. Untuk bisa menjadi Destana, Desa harus berfungsi dengan cepat dari berbagai bencana. Desa yang bisa di sebut ketangguhan bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan di wilayahnya. Mampu mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimiliki kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. “Harus memiliki kader Destana, “jelasnya.

Kader Destana yang sudah menghatarkan, di bentuk dan di tetapkan wajib memiliki tiga ha dasar. Yakni harus mewujudkan segala bencana yang ada di wilayahnya, terdepan yang terjadi bencana, dan mampu melakukan proses pemulihan.

Diharapkan, Kader Destana bisa menyiapkan diri dan membagi ilmu yang di miliki kepada masyarakat lainnya. Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi. “Melalui pelatihan ini saya berharap kader yang mampu mengkaji, menganalisis, mengurangi risiko-risiko di wilayah masing-masing dengan sumber daya lokal, “imbuhnya Ning Ulfa

Mari jaga diri dan sesama, saling tolong menolong menganani Bencana.

Karjono Kepala Desa Pecalongan mengucapkan, Terimakasih terutamanya kepada Kodim 0822 Bondowoso yang sudah mengadakan TMMD yang ke 116 dan juga kepada BPBD Bondowoso sekaligus kepada Ning Ulfa Anggota Dewan DPRD Dari Fraksi PPP yang sudah menyempatkan diri hadir dalam kegiatan tersebut, “ucapnya kades. (rhn)