TNI  

Pasca Hujan Deras, Babinsa Koramil 0822/09 Pujer Bersama Warga Bersihkan Irigasi Sawah

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Koptu Nur Rijal Babinsa Koramil 0822/09 Pujer Kodim 0822/Bondowoso, bersama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan dan menormalisasikan saluran irigasi sawah bertempat di Desa Sukowono, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, Kamis (24/11/2022).

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antara Babinsa dengan warga guna membantu tercapainya suatu kenyamanan desa dengan melakukan pembersihan saluran pengairan sawah bagi kepentingan para petani.

Menurut Babinsa, dimusim penghujan saat ini, air seringkali tergenang karena saluran air atau irigasi tersumbat oleh sampah dan juga tertumpuknya pasir sehingga air tidak lancar.

BACA JUGA :  Sinergitas TNI -POLRI Bekerja Sama Dengan Puskesmas Lakukan Giat Percepatan Vaksinasi

“Menyikapi hal tersebut kita bersama warga berjibaku membersihan saluran irigasi guna memperlancar aliran air sampai ke lahan persawahan, sehingga menjamin kebutuhan tanaman padi untuk tumbuh normal”, ujarnya.

BACA JUGA :  Dikukuhkan Warga Kehormatan Kostrad, Kapolri: TNI-Polri Terus Bersinergi Jaga Wibawa Negara dan Rakyat Indonesia

Selain itu kegiatan kerja bakti ini bertujuan untuk mencegah terjadinya luapan air yang diakibatkan oleh tumpukan sampah disaluran irigasi sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir dan merusak tanaman sawah masyarakat.

BACA JUGA :  Divif 2 Kostrad Laksanakan Latihan Posko Latgabut Linud TA 2022

“Semoga dengan kerja bakti ini dapat menormalkan fungsi saluran irigasi sehingga dapat memperlancar jalannya air menuju sawah dan mencegah banjir.” Tandas Koptu Nur Rijal. (Rhman).