Mengatasi Cleaning Service Kantor Tidak Kembali Mudik

Cleaning service kantor merupakan bagian integral dari menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja. Namun, dengan adanya pandemi dan kebijakan pembatasan perjalanan, banyak pekerja cleaning service yang tidak dapat kembali mudik ke kampung halaman mereka. Hal ini menimbulkan berbagai tantangan bagi perusahaan dalam memastikan keberlangsungan layanan kebersihan kantor. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

Pentingnya Cleaning Service Kantor

Kebersihan kantor memiliki dampak besar terhadap produktivitas dan kesejahteraan para pekerja. Layanan cleaning service tidak hanya mencakup pembersihan rutin, tetapi juga sanitasi dan desinfeksi yang sangat penting selama pandemi COVID-19. Tanpa kehadiran cleaning service yang konsisten, lingkungan kerja dapat menjadi sarang bagi penyakit dan bakteri.

Tantangan dalam Menghadapi Tidak Kembali Mudiknya Cleaning Service

Pengaruh Pandemi

Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap kerja secara drastis. Pembatasan perjalanan dan ketidakpastian ekonomi membuat banyak pekerja cleaning service enggan atau tidak mampu kembali ke tempat kerja mereka.

Keterbatasan Tenaga Kerja

Keterbatasan jumlah tenaga kerja yang tersedia juga menjadi tantangan besar. Banyak pekerja cleaning service yang memilih untuk tetap di rumah karena alasan keamanan dan kesehatan, meninggalkan perusahaan dengan kekurangan personel.

Strategi Mengatasi Cleaning Service Kantor Tidak Kembali Mudik

Fleksibilitas Jadwal Kerja

Memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja dapat membantu menyesuaikan kebutuhan perusahaan dengan ketersediaan tenaga kerja. Misalnya, memungkinkan pekerja untuk bekerja paruh waktu atau dengan jadwal yang lebih fleksibel.

BACA JUGA :  Jasa Service Komputer di Kantor agar Performa Karyawan Maksimal

Penyediaan Insentif

Memberikan insentif bagi pekerja yang bersedia kembali bekerja dapat menjadi motivasi tambahan. Insentif tersebut bisa berupa bonus, tunjangan perumahan, atau manfaat kesehatan tambahan.

Peningkatan Kesejahteraan Tenaga Kerja

Menjaga kesejahteraan fisik dan mental para pekerja merupakan investasi jangka panjang yang penting. Program kesejahteraan yang komprehensif dapat membantu memastikan bahwa pekerja cleaning service merasa didukung dan dihargai.

Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi

Menggunakan teknologi dalam proses pembersihan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi. Penggunaan perangkat lunak manajemen tugas atau sensor otomatis untuk mengontrol inventaris dan kebutuhan pembersihan dapat mengurangi beban kerja manual.

Pentingnya Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang jelas dan terbuka antara manajemen dan para pekerja sangat penting. Memastikan bahwa semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang harapan, kebijakan, dan protokol kebersihan dapat membantu menghindari kebingungan dan konflik.

Pemantauan Kinerja dan Kualitas Pelayanan

Melakukan pemantauan kinerja secara rutin dan menyeluruh dapat membantu mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan atau pelatihan tambahan. Feedback dari klien dan pengguna layanan juga dapat menjadi masukan berharga.

Peningkatan Keterampilan dan Pelatihan

Investasi dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan dapat meningkatkan profesionalisme dan efektivitas para pekerja cleaning service. Pelatihan tentang teknik pembersihan terbaru dan protokol kebersihan yang diperbarui dapat membantu meningkatkan standar layanan.

BACA JUGA :  Menjadi Bagian Dari Industri E-Commerce Bersama Transcosmos Commerce!

Mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan

Keselamatan dan kesehatan pekerja harus menjadi prioritas utama. Memastikan bahwa para pekerja dilengkapi dengan perlengkapan pelindung yang sesuai dan menjalankan protokol kebersihan yang ketat adalah langkah krusial.

Memperkuat Kolaborasi Tim

Membangun kerjasama dan kolaborasi yang kuat antara para pekerja cleaning service dan departemen lainnya dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan secara keseluruhan.

Pentingnya Evaluasi dan Umpan Balik

Melakukan evaluasi rutin terhadap proses dan hasil kerja, serta mendengarkan umpan balik dari para klien dan pengguna layanan, dapat membantu perusahaan untuk terus meningkatkan dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan.

Strategi Jangka Panjang

Tingkatkan Kemitraan dengan Penyedia Jasa

Membangun hubungan yang kuat dengan penyedia jasa cleaning service eksternal dapat membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja internal. Penyedia jasa eksternal dapat menjadi solusi cadangan yang handal dalam situasi darurat.

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, tim HRD kantor bisa memanfaatkan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat membantu perusahaan menyewa mitra jasa terbaik adalah Suwun. 

Suwun adalah aplikasi Penyedia Jasa JABODETABEK. Perusahaan bisa menemukan beragam penyedia jasa di Suwun. Selain mudah diakses, Suwun juga menyediakan mitra terdekat dari lokasi perusahaan. 

BACA JUGA :  Kemitraan Terbuka untuk Brand dan Perusahaan Terlibat dalam Konservasi Lingkungan

Suwun mempunyai lebih dari 3.000+ mitra jasa yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan. Manfaat pesan jasa di Suwun.co.id selanjutnya adalah perusahaan dapat membandingkan budget dan keahlian mitra jasa yang tersedia. Ada pula penawaran untuk pembayaran per-term sesuai dengan kesepakatan bersama.

Beberapa perusahaan telah bekerja sama dengan Suwun. Salah satu perusahaan tersebut adalah Ninja Xpress. Perusahaan ini telah bekerja sama dalam penginstalasian AC dan cuci AC JABODETABEK. 

“Hadirnya layanan kerja sama antara perusahaan dan Suwun semoga bisa membantu seluruh perusahaan di JABODETABEK yang tengah kesulitan mencari sumber daya manusia (SDM) untuk membantu persoalan di perusahaannya,” tutur Harry Pramana, CEO Suwun.co.id. 

Pelanggan dapat akses layanan Suwun melalui Aplikasi, Website, Shopee, dan menghubungi admin melalui WhatsApp

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai Mitra Suwun, klik link berikut https://suwun.co.id/daftarmitra. Anda juga bisa follow dan pantau terus sosial media Suwun untuk informasi lebih lanjut terkait perkembangan Mitra Suwun.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES