TNI  

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Pembinaan Jaring Mitra Karib

Bondowoso, FALTUAL.CO.ID – Kodim 0822/Bondowoso, menggelar kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Tahun 2022, bertempat di Aula Jenderal Sudirman Makodim Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, yang diikuti oleh 50 Mitra Kodim 0822, Rabu (23/11/2022).

Dengan tema “Mewujudkan Binter TNI Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Di Wilayah, Guna Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat, dan Lapor Cepat Bagi Apkowil”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Wasev Pasi Wanwil Korem 083/Bdj Mayor Kav Suprapto, Para Perwira, Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0822.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Sukosari Dampingi Pengukuran Tanah di Wilayah Binaan

Sementara itu, Mayor Kav Suprapto dalam sambutannya menyatakan, “Dibentuknya Jaring Mitra Karib tersebut, sesuai Undang-undang No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI, menegakkan, mempertahankan keutuhan NKRI.

“Jadi jaring mitra karib ini, sebagai pembinaan Teritorial yang dilakukan TNI, sekaligus untuk mendukung tupoksi TNI dalam pelaksanaan pembinaan teritorial kewilayahan,” katanya.

Di era digitalisasi ini tegas Pasi Wanwil Korem 083/Bdj meminta seluruh jaring mitra karib, untuk lebih bijak dalam mengakses informasi dari berbagai wilayah, sehingga tidak menimbulkan mis informasi yang berkembang.

BACA JUGA :  Sigap Anggota Koramil 0822/11 Tapen, Langsung Tinjau Madrasah Yang Ambruk

“Itulah manfaat adanya jaring mitra karib ini di bentuk, guna menangkal berbagai isu negatif dan miring, sehingga kita bisa cepat mengakses semua informasi tersebut,” tegasnya.

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., melalui Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto mengatakan, “Anggota jaring mitra karib ini, berlatar belakang mulai dari Keluarga Besar TNI (KBT), tokoh masyarakat, tokoh agama dan ormas.

“Metode jaring mitra karib, dalam mendukung komando kewilayahan itu, melalui bhakti TNI, anjangsana, olahraga bersama, kegiatan sosial kemasyarakatan, pengobatan dan khitanan massal,” terangnya.

BACA JUGA :  Dandim 0825 Berikan Wasbang Di Stikes Banyuwangi

Pasiter berharap, jaring mitra karib ini harus terjalin, aktif memantau situasi diwilayahnya masing-m asing, membantu memberikan informasi, menginformasikan kegiatan dan kejadian luar biasa di masyarakat, serta mobilitas dan manuver orang asing di wilayahnya.

“Melaporkan adanya aktivitas di luar kebiasaan, dengan memanfaatkan daerah sebagai sasaran, atau dijadikan daerah pelarian. Sehingga dapat membantu Tupoksi TNI,” tandasnya (Rhman).