Polri  

Kapolres Bersama PCNU Bondowoso Menggelar Baksos dan Pelayanan Kesehatan Gratis

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Warga Indonesia patut bersyukur atas penetapan Hari Santri Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015. Presiden menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Penetapan Hari Santri Nasional ini membuktikan bahwa Pemerintah mengakui peran para ulama dan santri dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Khususnya dalam peristiwa perang 10 November 1948 di Surabaya.

Dalam kesempatan ini Kapolres Bondowoso Bersama PCNU Kabupetan Bondowoso dalam rangka Hari Santri Nasional 2022 ini menggelar aksi Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan seperti Khitanan Massal, Operasi Bibir Sumbing serta Operasi Katarak.

Dalam kesempatan ini Kapolres Bondowoso AKBP. Wimboko, SIK menerangkan, “Berkat limpahan rahmat Allah untuk bangsa Indonesia, kita berhasil mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk memfatwakan bahwa hukum mempertahankan kemerdekaan dan cinta tanah air adalah fardlu ain serta memberikan fatwa hubul wathon minal iman, atau cinta tanah air adalah sebagian dari iman,” kata Kapolres Bondowoso.

BACA JUGA :  Polres Tanjung Perak Gagalkan Peredaran Narkoba, 3 Tersangka dan 36.27 Kg Sabu Berhasil Diamankan

Kapolres Bondowoso juga menerangkan bahwa semua warga wajib bersyukur dengan kemerdekaan yang telah diperjuangkan secara mati-matian oleh para syuhada ini. Apalagi, tidak kurang dari 20.000 santri dan kiai tercatat gugur sebagai syuhada dalam mempertahankan NKRI, khususnya dalam peristiwa perang 10 November 1945.

“Maka sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT dan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, Polres Bondowoso bersama PCNU Kabupaten Bondowoso mengadakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga dan badan ortonom NU, seperti kegiatan Bakti Sosial dan pelayanan Kesehatan seperti Khitanan Massal, Operasi Bibir Sumbing dan Operasi Katarak, “ujarnya.

BACA JUGA :  Sat Lantas Polres Bondowoso Memberhentikan Para Pengendara untuk Mengheningkan Cipta Dalam Memperingati HUT RI ke 77 Tahun

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis seperti Khitanan massal akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022, sedangkan pelaksanaan screaning Operasi Katarak dan Operasi Bibir Sumbing dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022. Untuk Khitanan Massal ditempatkan di Graha NU Kota Kulon Bonsowoso, sedangkan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing di tempatkan di RS. Bhayangkara Bondowoso. Kegiatan ini Gratis tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA :  Polres Kota Madiun Terus Berbenah dan Komitmen Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

“Hal ini sebagai bentuk khidmat NU kepada masyarakat sebagaimana dhawuh (perintah) Rasulullah Muhammad SAW yaitu khoirunnasy anfa’uhum linnas, atau sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk yang lainnya, ” imbuh AKBP Wimboko, SIK.

Orang Nomer Satu di Mapolres Bondowoso juga berharap, Polres Bondowoso dan PCNU Bondowoso berharap, kegiatan ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bondowoso secara umum. Kami berharap, kegiatan baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat ini dapat ditingkatkan lagi. Karena Polres Bondowoso bersama Lembaga Kesehatan NU Bondowoso siap untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui kegiatan di MWC se Kabupaten Bondowoso,”pungkas Kapolres Bondowoso AKBP. Wimboko, SIK.

(Rhman)