TNI  

Dandim 0822 Bondowoso Tegaskan Netralitas Prajurit di Pemilu 2024

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Ws. Dandim 0822/Bondowoso Mayor Inf Teguh Heri Wignyono, S.I.P. bersama para Perwira Staf dan Danramil jajaran memberikan wawasan dan pembekalan kepada seluruh Babinsa jajaran Kodim 0822 tentang Netralitas TNI bertempat di aula Jenderal Sudirman Kodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Senin (26/6/2023).

Saat memberikan arahan, Ws. Dandim 0822 mengungkap bahwa tahapan Pemilu serentak 2024 sudah berjalan, dan prajurit harus tetap memegang teguh Netralitas TNI untuk tidak terlibat politik praktis.

“Kita lihat di Bondowoso, sejumlah tokoh politik juga terpantau sudah mulai mendeklarasikan diri sebagai calon kepala daerah untuk diusung pada pesta demokrasi lima tahunan. Tugas dan tanggung jawab prajurit TNI sesuai dengan peraturan perundang-undangan, salah satunya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan pemilu berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

“Namun kita selaku prajurit tetap memegang teguh Netralitas TNI,” tegas Ws Dandim. Dijelaskan, Persit KCK sebagai warga negara, memiliki hak memilih, gunakan hak pilih itu dengan sebaik-baiknya.

“Persit diperbolehkan untuk memanfaatkan hak pilihnya namun tidak boleh melibatkan atau mempengaruhi organisasi serta penggunaan sarana prasarana satuan dalam rangka politik praktis,” kata Ws. Dandim.

Selain itu, Ws. Dandim juga mengingatkan kepada seluruh prajurit dan persit agar tidak melakukan pelanggaran dan bijak dalam bersosial media yang dapat merusak nama baik diri sendiri, keluarga, satuan dan Institusi TNI.

Pada kesempatan itu, Ws. Dandim juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Babinsa dan Babinsa berprestasi yang sudah melaksanakan tugas dengan maksimal termasuk memberikan penghargaan kepada Serka Tri Suhariyono Babinsa Koramil 0822/11 Tapen atas dedikasi dan pengabdiannya dalam melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat Tapen.

“Kita lihat Babinsa di lapangan sudah bekerja dengan maksimal menyukseskan program pemerintah dan TNI AD. Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD juga harus bisa menjaga nama baik TNI di mata masyarakat,” pesannya.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rhn