TNI  

BABINSA KONCERKIDUL KODIM 0822 Bondowoso Bersama Kader BKB Pasang Stiker Stunting

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Pelda Musta’in Babinsa Koncerkidul Kodim 0822 Bondowoso melaksanakan pemasangan stiker terhadap rumah warga yang memiliki balita di desa Koncerkidul Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Selasa (13/12/2022)

Dalam kegiatan ini melibatkan Pelda Musta’in Babinsa Desa Koncerkidul Kodim 0822 Bondowoso, KB desa Koncerkidul Ibu Koestin, Ketua PKK desa Koncerkidul Ibu Farida, dan 12 orang Kader PLKB desa Koncerkidul.

Pandemi covid 19 telah menyebabkan layanan kesehatan bagi balita terutama Posyandu sempat terganggu. Balita tidak mendapatkan pelayanan pemantauan tumbuh kembang, kondisi ini dikhawatirkan dapat beresiko meningkatkan prevalensi stunting.

Salah satu penyebab stunting adalah kurangnya asupan gizi dan pola asuh yang salah terutama pada masa-masa 1000 hari pertama kehidupan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan ibu atau pengasuh tentang PMBA. Penyakit infeksi berulang juga menyebabkan stunting pada balita oleh karena itu perlu adanya peningkatan upaya-upaya pencegahan meliputi penanganan gizi remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui balita dan baduta.

“Isi Stiker yang ditempel pada setiap rumah yang memiliki balita adalah ajakan untuk Perbaikan Gizi Bagi Balita agar terhindar dari Stunting dan Gizi Buruk. Kodim 0822 Bondowoso dan pihak Desa siap mendukung dalam pencegahan stunting yang saat ini tengah di galakkan” ujar Pelda Musta’in Babinsa Koncerkidul.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut keseriusan Desa Koncerkidul untuk mencegah dini stunting yang kerap dialami oleh bayi dan juga memberi wawasan kepada warga yang memiliki balita di desa Koncerkidul agar memperhatikan asupan gizi untuk tumbuh kembang balita agar tidak mengalami stunting dikemudian hari. (Rhman)