TNI  

Babinsa Desa Pakuwesi: Garda Terdepan dalam Pendampingan Penyemprotan/Fogging*

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – 26 Maret 2024 – Peran Babinsa Desa Pakuwesi, Koptu Rusli, menjadi kunci dalam kelancaran dan keberhasilan pendampingan penyemprotan atau fogging yang dilakukan oleh Puskesmas Curahdami dan Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Bondowoso di Desa Pakuwesi, Kecamatan Bondowoso, hari ini.

Sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai, Babinsa Desa Pakuwesi, Koptu Rusli, secara proaktif memimpin dan mendampingi proses penyemprotan untuk memastikan efektivitasnya dalam membasmi nyamuk pembawa penyakit demam berdarah atau dengue fever. Perannya sebagai garda terdepan di lapangan memastikan bahwa setiap tahap penyemprotan berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Koptu Rusli tidak hanya hadir sebagai pengawal keamanan, tetapi juga sebagai jembatan antara TNI AD khususnya Kodim 0822 Bondowoso dengan masyarakat sipil. Keberadaannya membangun kepercayaan dan kolaborasi antara pihak berwenang dan warga setempat, memperkuat solidaritas dalam upaya menjaga kesehatan bersama.

Kepala Desa Pakuwesi, Sahrulah SH, menegaskan pentingnya peran Babinsa dalam kegiatan ini. “Babinsa Desa Pakuwesi bukan hanya sebagai penjaga keamanan, tetapi juga sebagai mitra strategis dalam upaya pencegahan penyakit. Dengan kehadirannya, kami merasa lebih percaya diri dan terbantu dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dengan dedikasi dan komitmen Babinsa Desa Pakuwesi, pendampingan penyemprotan kali ini berjalan dengan lancar dan aman. Peran mereka sebagai garda terdepan tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menjadi contoh bagi keterlibatan aktif aparat militer dalam mendukung kesejahteraan dan keselamatan masyarakat. (Egha)