TNI  

Babinsa Curahdami Bahas ODF, Bentuk Lakukan perubahan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Sertu M. Amin Sujarno Babinsa Desa Pakuwesi Koramil 0822/02 Curahdami Kodim 0822/Bondowoso melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Desa Di wilayah Binaan dalam rangka Sosialisasi Covid-19 Dan Perilaku Hidup Sehat Menuju Desa ODF bertempat di Kantor Desa Pakuwesi kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, Selasa (20/09/2022).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kades Pakuwesi Bapak Syahrullah, SH, Babinsa Pakuwesi Sertu M. Amin Sujarno, Bidan Desa Pakuwesi Ibu Desy Cristyanti, Amd.Keb., dan Perangkat Desa Pakuwesi serta warga yang hadir sebanyak 50 orang.

BACA JUGA :  Melalui Komsos, Dekatkan Babinsa Pakisan Dengan Warga Binaan

Babinsa M. Amin Sujarno menyampaikan, “Bahwa dalam kegiatan Komsos membahas tentang STBM di wilayah Binaan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0822/01 Hadiri Tasyakuran HUT RI Ke-77

“Dengan melaksanakan Komsos di wilayah, akan meningkatkan silaturahmi dan kerjasama dengan aparat desa maupun masyarakat. Kali ini membahas tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Sosialisasi Covid-19 Dan Perilaku Hidup Sehat Menuju Desa ODF,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Puslatpurmar-5 Baluran Laksanakan Renang Laut

Menurut Sertu Amin, Penyadaran untuk melakukan perubahan perilaku untuk hidup bersih dan sehat juga sangat dibutuhkan karena kebersihan merupakan pangkal dari sehatnya suatu wilayah.

Dengan pembahasan STBM dan ODF, harapannya masyarakat mau berubah bahkan membuat fasilitas sanitasinya serta bisa menjaga lingkungan dan kebersihan,” pungkasnya. (Rahman).