TNI  

Satgas Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Bersama warga Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak Demi Lancarnya Distribusi Logistik Masyarakat Papua

Kenyam, FAKTUAL.CO.ID – Curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan terjadinya bencana di beberapa daerah. Akibat luapan air sungai Batas Batu beberapa titik jalan terutama jembatan tradisional menuju ke Pelabuhan mengalami rusak berat.

Hal ini tentu menghambat distribusi logistik karena kondisi jembatan tidak bisa dilewati. Bahkan banyak logistik yang rusak/busuk akibat terlalu lama di Kapal.

Melihat kondisi ini Satgas Yonif Raider 514/9/2 Kostrad dipimpin langsung oleh Danpos Batas batu Kapten Inf Iwan Purwanto bergerak cepat mengajak warga sekitar bahu membahu memperbaiki jembatan putus dan menimbun beberapa titik jalan yang tergerus oleh luapan air sungai. (20/12/2022)

BACA JUGA :  Bakar Batu, Satgas Yonif R 514 Kostrad Bersama masyarakat merayakan peresmian Gereja.

Berkaca dari kejadian sebelumnya, apabila terjadi kerusakan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, situasi ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum masyarakat dengan inisiatif memperbaiki jalan seadanya kemudian melakukan pemalangan jalan dengan tujuan setiap kendaraan yang akan melintas diminta bayaran sejumlah uang. Hal ini dirasa sangat memberatkan para pelaku usaha dan situasi ini menjadi pemicu konflik di tengah masyarakat.

“Mengetahui kondisi ini kami ajak masyarakat untuk peduli dan bersama-sama gotong royong untuk memperbaiki jembatan yang rusak serta menghilangkan kebiasaan lama masyarakat yang memalang jalan dan meminta sejumlah bayaran.” terang Danpos Batas Batu.

BACA JUGA :  Bersama Warga, Babinsa Pos Ramil Ijen Gotong Royong Rehab Mushola

Secara terpisah Dansatgas Yonif Raider 514/SY Letkol Inf Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.Pol., M.Han. menyampaikan “Jembatan yang rusak tersebut harus segera diperbaiki sehingga roda perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Saya sudah perintahkan prajurit yang berada di Pos Batas batu untuk bergerak mengatasi kendala dan kesulitan yang terjadi di masyarakat terlebih apabila menyangkut hajat hidup orang banyak.” tutur Dansatgas Yonif Raider 514/SY.

BACA JUGA :  Pangdivif 2 Kostrad Kunjungi Latiskipur Yonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad

Antusias dan keikhlasan warga terlihat selama pelaksanaan kegiatan dengan canda dan tawa sebagai wujud kedekatan Satgas Yonif Raider 514/SY dengan masyarakat Batas batu yang sudah terjalin dengan baik selama berada di daerah operasi.

Yohanes (54) salah satu warga batas batu menyampaikan “Terimakasih banyak bapak TNI, anggota Pos Batas batu telah bergerak cepat membantu perbaikan jembatan sehingga logistik tidak terhambat.” (Rhman)