Polres Probolinggo Kota Bersama TNI dan Warga Bangun Tanggul Buatan di Pulau Gili Ketapang Pasca Abrasi

Probolinggo Kota, FAKTUAL.CO.ID – Belasan rumah dan Kapal Nelayan di sisir pantai Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih porak poranda akibat diterpa badai. Selain itu, pantai mengalami abrasi akibat diterjang gelombang laut ekstrim di Probolinggo.

Cuaca ekstrem itu mengakibatkan tembok penahan ombak roboh dan gelombang air laut juga mengenai beberapa bangunan rumah warga. Selain itu terdapat 12 rumah yang rusak kemudian kapal juga mengalami kerusakan antara lain 3 kapal porsen 2 kapal taksi dan 20 kapal pemancing.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani, S.H., S.I.K. langsung memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan Bakti Sosial, sabtu (24/12/22). Bersama TNI Polri, bakti sosial ini untuk membantu membersihkan rumah yang rusak dan membuat tanggul buatan di pantai yang rusak.

BACA JUGA :  Loyalitas Tanpa Batas, Bripda Ivantri Ba Sihumas Polres Mojokerto Raih Penghargaan dari Kapolres

Kapolres melalui Kapolsek Sumberasih Iptu Agus Santoso, SH mengatakan bahwa TNI Polri yang diterjunkan membawa bantuan berupa 500 sak karung untuk membuat tanggul buatan.

BACA JUGA :  BEM Nusantara Jawa Timur Apresiasi Pengamanan Polrestabes Surabaya Saat Aksi Unjukrasa

“ Selain membersihkan rumah yang porak poranda akibat badai, kami juga membuat tanggul buatan untuk mengganti tanggul yang rusak akibat gelombang laut tadi malam. Hal ini perlu dilakukan agar gelombang laut dapat tertahan oleh tanggul dan tidak melebar ke rumah warga “, jelasnya.

BACA JUGA :  AKBP Wimboko, SIK Turun Langsung ke 9 SPBU yang Ada di Kabupaten Bondowoso

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Memeriksa kondisi sekitar rumah seperti pepohonan maupun kelistrikan,”katanya.

Perlu diketahui berdasarkan data BPBD Kabupaten Probolinggo pada Jumat 23 Desember 2022 hingga malam hari terpantau wilayah Kabupaten Probolinggo bagian timur diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin kencang. (Rhman)