Daerah  

Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia Ogan ilir ( PD IGI OI)Pembukaan Pelatihan Managemen Organisasi Tingkat Dasar Dan Rakerda PD IGI OI Tahun 2024

OGAN ILIR, FAKTUAL.CO.ID – Makin menguatkan eksistensi dan kiprah organisasi, kepengurusan  Ikatan Guru Indoensia (IGI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan terus melakukan konsolidasi. Salah satunya  dengan melakukan pelantikan pengurus perubahan keempat di SMPN 1 Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan, Jumat  (7/6/2024). Sebanyak 14 pengurus  dilantik untuk mengisi bidang-bidang yang personilnya berpindah tugas, status atau hal lainya sehingga harus digantikan dengan personil  baru untuk kelanjutan periode 2021-2026.

Hadir pada kegiatan yang dibarengi dengan momen Pelatihan Menagemen Ogranisasi (PMO) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tersebut,  Bupati Ogan Ilir diwakili oleh dr. Siska Susanti Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumsel diwakili , Kardinal SPd,MPd,   M Sabit sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mewakili Kadis Dikbud, Ketua Wilayah IGI Sumsel diwakili oleh Dony Novihadi, SSi,  Sapto Abadi, SPd, MSi Ketua IGI Ogan Ilir,  Hadir pul;a  Dewan Pembina IGI Sarono P Sasmito, salah seorang pengawas SMA Suyono, MPd dan puluhan undangan lainnya.

KHIDMAT: Prosesi pelantikan berlangsung khidmat. Dipandu Sekretaris IGI Kabupaten OI, Syari Hasniaty yang membacakan SK pelantikan kemudian Wakil Ketua IGI Sumsel Doni Noviahadi, SSi, MSi memimpin pengucapan sumpah dan janji bagi semua personil yang dilantik. 

Acara yang dipandu oleh Rahmanisawati tersebut dimulai dengan melafazkan basmalah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars IGI yang dipimpin oleh Herisa Aji Hikdawati, SPd, MPd. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK pelantikan oleh Sekretaris IGI Kabupaten OI Syari Hasniaty, SPd, MSi. Sebanyak 12 dari 14 nama yang dilantik berkesempatan maju ke depan mereka Septi Liana, Rahmanisawati, Asmawi, Raswil Galili, Dwi Yanuarini, Septi Adhari, Restu Novianti, Aisyah Amini, Herdiansyah, Muttaqin, Fitrianti, Mursidati, dan Syamsuddin Noor.

BACA JUGA :  Diduga Ada Pemalsuan Data dan Terjadi Tindakan Penyerobotan Tanah di Dusun Karang Malang Desa Tegal Pasir

Kemudian dilakukan pelantikan dan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Doni Noviahadi yang berlangsung dengan khidmat. Usai proses tersebut dilakukan penandatanganan naskah pelantikan yang disaksikan para pejabat Ogan Ilir diantaranya  dr Siska, M Sabit, Kardinal dan Sarono P Sasmito.

SIAP MAJUKAN PENDIDIKAN: Dengan sinergi dan dukungan semua pihak para guru yang tergabung di IGI OI siap memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di OI, Sumsel dan Indonesia pada umumnya. 

Berikutnya dilakukan sambutan- sambutan yang diawali oleh Wakil Ketua IGI Sumsel,  Doni yang mengemukakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk terus melakukan konsolidasi sehingga roda organisasi terus berjalan. Menyebut tentang kuantitas anggota terdapat hal-hal mengembirakan yakni Provinsi Sumsel menempati posisi kedua setelah Provinsi Jawa Timur. Kemudian untuk Kabupaten Ogan Ilir memiliki jumlah anggota sebanyak 900 orang menempati peringkat kedua setelah  Kota Palembang.

Untuk di OI yang memiliki lebih kurang 6.000 guru artinya anggota IGI baru lebih kurang 15 persen. Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk melakukan rekrutmen anggota.

“Berusahalah untuk memiliki kualitas pribadi, kompetensi dan kinerja yang istimewa sehingga bisa menjadi panutan sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para guru lain  untuk masuk dan bergabung di IGI,” ujar pria alumnus salah satu perguruan tinggi di Yogya ini.

BACA JUGA :  Pemdes Nangerang Kecamatan Cigalontang Salurkan BLT DD tahap l tahun 2024

Di samping itu Doni juga berpesan agar semua personil yang baru saja dilantik segera melakukan adaftasi dan memahami tugas dan tanggung jawab sehingga kehadirannya benar-benar bermakna dalam membangun, memajukan organisasi sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan mutu dan kemajuan pendidikan di Ogan Ilir.

Pada gilirannya Kardinal yang memberikan sambutan secara santai dan penuh seloroh mengharapkan agar para pengurus IGI yang baru dilantik agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Berikan mutu dan pelayanan terbaik sehingga tidak perlu diminta mereka agar suka rela bergabung di IGI.

“Gunakan seperti prinsip rumah makan padang, ketika menunya lezat dan nikmat maka para konsumen akan sukarela menjadi pelanggan setia,” ujar pria yang baru saja pulang dari Sawangan untuk momen workshop ini.

Sementara itu Siska yang saat itu mewakili Bupati OI pada sambutannya mengucapkan selamat kepada semua person yang baru saja dilantik.

“Semoga semuanya dapat mengemban amanah dengan baik menjadikan organisasi IGI makin dinamis dan terus mendidik generasi penerus menjadi generasi terbaik dalam memimpin bangsa dan negara ini di masa depan,” ujar wanita yang pernah mengawali karier sebagai kepala Puskesmas Indralaya ini.

Bukan hanya memberikan sambutan secara formal dengan membaca teks tetapi pada kesempatan itu Siska juga menceritakan tentang keberhasilannya dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya sehingga tiga orang berhasil menjadi dokter semua. Dia juga berpesan agar para orangtua benar-benar memperhatikan anak-anaknya termasuk dalam hal kesukaannya untuk terus membaca buku-buku. Baik berupa ilmu pengetahuan maupun yang bersifat fiksi. Termasuk belajar sempoa dan lainnya.

BACA JUGA :  Polisi Dalami Kecelakaan Kereta Api Tabrak Mobil di Ngawi

Terpisah Sapto Abadi Ketua IGI Ogan Ilir mengemukakan, pihaknya sebagai pengurus terus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder lainnya dalam memajukan pendidikan di OI, Sedangkan mekanismenya ditempuh secara intern dengan merumuskan program kerja yang dapat direalisasikan. Tentu kegiatannya yang benar-benar dibutuhkan oleh para guru dalam meningkatkan kompetensi mereka serta kemampuan mempergunakan IT sesuai dengan tuntutan zaman saat ini.

Di samping itu juga dilakukan Pelatihan Managemen Organisasi (PMO) sehingga semua pengurus dapat memahami tupoksi masing-masing. Di sisi lain, Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi yang baru dilantik Mursidati mengemukakan, dirinya dan pengurus lainnya akan segera ikut menyusun program kerja realistis yang bisa diterapkan sehingga para anggota IGI benar-benar memperoleh nilai tambah dengan bergabung di organisasi tersebut.

Senada dengan Mursidati, Asmawi SAg dan Muttaqin ST juga berniat kiprahnya di IGI agar dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan di OI, Sumsel dan Indonesia pada umumnya. Menambahkan hal itu Sarono P Sasmito mengharapkan agar para pengurus IGI OI terus inovatif dalam menggelar kegiatan. Sehingga manfaatnya akan dirasakan secara luas oleh para guru, murid dan komunitas pendidikan lainnya secara luas.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.