Libur Nataru, Irwasda Polda Jatim Ingatkan Tiga Kerawanan di Pacitan yang Harus Diperhatikan

Pacitan, FAKTUAL.CO.ID – Pantau Pos Pelayanan natal 2022 dan tahun baru 2023 di Kabupaten Pacitan, Irwasda Polda Jawa Timur, Kombes Mohamad Aris menilai 3 potensi kerawanan yang menjadi perhatian bencana tanah longsor, banjir dan laka lantas.

Menurutnya, jalan Ponorogo-Pacitan ada beberapa titik sering terjadinya longsor yang dapat menutup akses jalan. Namun, hasil laporan dia terima saat memantau Pos Pelayanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Pemerintah Kabupaten Pacitan telah menyiapkan alat berat untuk dilakukan penanganan.

“Ada beberapa titik yang rawan bencana longsor tapi dari Pemkab.Pacitan sudah menyiapkan alat berat, karena situasi alam kan kita tidak bisa mengatur tapi antisipasi atau mitigasi kita bisa lakukan,”katanya, Rabu (28/12/2022).

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Renungan Suci HUT Proklamasi RI Ke-77 Tahun 2022

Diminta seluruh masyarakat dan petugas pengamanan Nataru yang terlibat dalam operasi Lilin Semeru 2023 tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi kejadian tanah longsor maupun banjir.

Sebab, kata Kombes Mohamad Aris manusia tidak bisa mengatur alam, namun bisa mengantisipasi atau mitigasi agar semua bisa berjalan lancar dan tertangani.

“Sudah dijelaskan tadi oleh pak Kapolres Pacitan (AKBP Wildan Alberd) dan Kasat Lantas, disetiap pos sudah ada alat beratnya jadi sewaktu-waktu ada bencana atau masyarakat bisa membludak bisa diantisipasi,”imbuhnya.

BACA JUGA :  Singo Wulung dari Polres Bondowoso Akan Tampil di Malam Puncak Harmoni Nusantara Polda Jatim 2022

Terlebih sejak 4 hari kemarin, cuaca hujan terus menguyur wilayah Jawa Timur termasuk Kabupaten Pacitan. Dia pun berharap kedepan tidak ada kejadian banjir dan longsor. Sehingga masyarakat bisa menikmati libur tahun baru 2023.

“Harapannya wilayah Pacitan aman dan tidak ada bencana. Terlebih 4 hari ini terus hujan semoga saja tidak ada banjir dan longsor itu harapannya kita bersama,”terangnya.

Selain bencana alam, Irwasda Polda Jawa Timur, Kombes Mohamad Aris menjelaskan karena Kabupaten Pacitan merupakan daerah perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah maka antisipasi laka lantas sangat diperlukan.

BACA JUGA :  Penyesuaian Harga BBM, Pengendara Motor dan Truk Tebu di Malang Menilai Biasa Saja

Dia menyakini selama libur tahun baru 2023 banyak luar daerah yang mengunjungi Kabupaten Pacitan yang memiliki banyak objek wisata. Mulai daei daerah Solo Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Selain bencana yang diperlu diantisipasi karena wilayah Pacitan perbatasan dengan Jawa Tengah dan Jawa Tengah jalannya lebar dan sudah bagus maka laka lantas yang diantisipasi. Kami yakin dari Wilayah Solo dan Yogyakarta banyak yang akan kepacitan,”jelasnya. (Rhman)