Ini 7 Tanda Perusahaan Anda Wajib Menggunakan Aplikasi CRM

Jika perusahaan Anda tidak segera menggunakan CRM, bisnis Anda akan lebih mudah tersaingi oleh kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakannya.

Aplikasi CRM cocok digunakan oleh semua jenis perusahaan, mulai dari UMKM, startup hingga perusahaan besar dan pemerintahan. Bisnis yang memiliki tim sales, layanan pelanggan, atau sering berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi akan sangat diuntungkan dengan implementasi CRM. Selain itu, perusahaan yang memiliki data pelanggan yang besar juga akan merasakan manfaat dari penggunaan CRM yang dapat lebih mudah mengelola informasi pelanggan.

Perusahaan yang belum mengadopsi CRM atau belum memanfaatkannya secara optimal berisiko tertinggal oleh kompetitor yang telah melakukannya lebih dulu. Hal ini bisa mengakibatkan kesulitan dalam melacak riwayat komunikasi dengan pelanggan, kehilangan peluang penjualan, dan pengelolaan data yang tidak efisien, yang semuanya dapat menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Berikut adalah 7 tanda bahwa perusahaan Anda wajib menggunakan aplikasi CRM:

7 Tanda Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi CRM

Berikut adalah tanda perusahaan harus menggunakan aplikasi CRM.

1. Data Pelanggan Tersebar di Berbagai Tempat

Jika saat ini data pelanggan Anda tersebar di berbagai tempat dan kesulitan untuk mengakses informasi pelanggan secara cepat dan efisien, itu tandanya Anda butuh CRM. Dengan CRM, Anda bisa mengintegrasikan semua data pelanggan ke dalam satu sistem terpusat sehingga memudahkan akses dan pengelolaan data.

2. Kesulitan Memantau Proses Penjualan

Informasi mengenai prospek, penawaran, dan status penjualan yang tersebar di banyak dokumen dapat mempersulit analisis dan pengambilan keputusan manajemen. Jadi, Anda perlu sistem yang bisa memantau seluruh proses penjualan secara real-time dan membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data seperti CRM.

BACA JUGA :  Jaga Data Perusahaan lebih Aman dengan Prediksi Kegagalan Drive NAS Berbasis AI - DA Drive Analyzer 2.0

3. Kesulitan Memahami Kebutuhan Pelanggan

Data yang tersebar di berbagai tempat membuat Anda sulit untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan melihat riwayat interaksi. Inilah menjadi salah satu tanda Anda butuh CRM. Dengan CRM, Anda bisa mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka dan melakukan promosi yang lebih tepat sasaran.

4. Kesulitan Koordinasi Antar Tim

Tanda selanjutnya, sulitnya komunikasi antar tim yang membuat mereka salah informasi dan sulit mencari data yang benar artinya sudah saat Anda menggunakan CRM. Dengan CRM, Anda bisa meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar tim melalui akses informasi yang terpusat dan real-time.

5. Sulit Menilai Kinerja Staf

Sulitnya mendapatkan informasi dan memonitor aktivitas staf akan membuat evaluasi kinerja atau KPI tidak akurat. Solusinya, Anda bisa menggunakan CRM untuk memonitor pencapaian tiap staf, target penjualan yang tercapai, dan tingkat kepuasan pelanggan yang dilayani oleh masing-masing staf secara real-time dan akurat.

6. Banyak Kehilangan Pelanggan

Tanpa pemahaman yang detail tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan, Anda lebih berpotensi kehilangan pelanggan. Penggunaan CRM dapat membantu Anda untuk melihat riwayat interaksi pelanggan, informasi pelanggan, hingga mengetahui kebutuhan mereka serta meningkatkan makin cepat dalam melakukan layanan pelanggan.

BACA JUGA :  Beacon of the East: Zen Koh, Rehab Leader & Roboticist, to Represent Asia in IEEE-RAS Humanoids Industry Panel

7. Layanan Pelanggan yang Tidak Konsisten

Tanpa adanya sistem untuk mencatat dan mengakses riwayat interaksi dengan pelanggan, layanan sering kali tidak seragam. CRM membantu menciptakan layanan yang konsisten dengan menyediakan catatan lengkap yang dapat diakses oleh seluruh tim. Hal ini akan meningkatkan kepuasan dan pandangan positif pelanggan terhadap perusahaan Anda.

Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Untuk Perusahaan

(Tampilan Aplikasi CRM - Barantum CRM, Sumber: Barantum.com)

Aplikasi CRM menawarkan banyak manfaat penting bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pengelolaan Data Pelanggan yang Lebih Efisien

Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan semua data pelanggan dalam satu tempat yang terpusat. Ini memudahkan Anda untuk mengakses informasi penting kapan saja dibutuhkan, membuat analisis yang lebih akurat, dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan layanan. Data pelanggan yang terstruktur pun membantu Anda memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

2. Mempermudah Kolaborasi Antar Tim

Semua anggota tim Anda dapat mengakses informasi yang sama secara real-time, memudahkan mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini meningkatkan efisiensi kerja dan memastikan bahwa semua tim berada di jalur yang sama.

3. Mempermudah Pemantauan di Level Manajemen

Sebagai manajer atau pemilik bisnis, Anda dapat memantau kinerja tim dan operasi bisnis dengan lebih mudah melalui aplikasi CRM. Anda bisa melihat data penjualan, laporan kinerja, dan metrik penting lainnya dalam satu dashboard. Dengan begitu, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan tepat, serta melakukan perubahan yang diperlukan.

BACA JUGA :  Kabinet UEA Menyetujui Amandemen Undang-Undang Lalu Lintas Federal

4. Meningkatkan Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan

Dengan memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan dari data yang terkumpul, Anda bisa memberikan layanan yang lebih personal dan sesuai dengan ekspektasi mereka. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan dipahami, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka.

5. Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan

Otomatisasi tugas dan analisis data real-time akan mengoptimalkan proses bisnis Anda. Ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga membantu Anda mencapai target penjualan dengan lebih efektif dan merespons peluang pasar dengan lebih cepat.

Itulah tanda-tanda perusahaan Anda wajib menggunakan CRM dan manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dengan menggunakan CRM. Kami merekomendasikan Barantum.com, sebagai vendor CRM dengan layanan “All in One CRM Solution” untuk bisnis Anda.

Dengan Barantum.com Anda dapat melihat peningkatan yang signifikan dalam efisiensi operasional dan pengelolaan pelanggan. Barantum.com menawarkan integrasi yang mudah dengan berbagai platform, memungkinkan Anda untuk mengelola komunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, mulai dari email hingga media sosial dan WhatsApp.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES