Hasnul Suhaimi: Dari Tukang Solder Jadi CEO Beromzet 18T

Hasnul Suhaimi, Best CEO 3X berturut-trurut yang membuktikan; pemimpin dengan skill dan gaya leadership yang tepat, bisa membuat bisnis selamat.

Siapa sangka, seorang tukang solder bisa membawa perusahaan telekomunikasi mencapai omzet 18 triliun rupiah? Inilah kisah inspiratif Hasnul Suhaimi, yang memulai karir dengan gigih, from zero to hero.

16 Tahun Merangkak, 17  Tahun Memimpin 

Hasnul Suhaimi dulu memulai karirnya sebagai tukang solder. Namun siapa sangka, karyawan ini punya impian besar untuk sukses. Dia meniti satu demi satu tangga karir dari karyawan, manajer, selama 16 tahun. 

17 tahun beriuktnya Hansul menuai hasilnya sebagai pemimpin perusahaan besar. Dengan bekal kegigihan dan ilmu dari para seniornya, orang-orang yang sudah sukses duluan. Termasuk di tahun 1992 dia melanjutkan studi ke luar negeri dan meraih gelar MBA dari Universitas Hawaii, Manoa. 

Melawan Arus dan Meraih Puncak

Singkat cerita, dengan track record yang bagus, tahun 2006, Hasnul bergabung dengan PT Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) sebagai Presiden Direktur. Dia memimpin perusahaan telekomunikasi di tengah persaingan ketat dan perubahan teknologi yang cepat. 

BACA JUGA :  AnyMind Group memperkuat penawaran inbound dan outbound untuk Tiongkok Daratan

Doc. XL Future Leaders 

Hasnul Suhaimi berhasil membuat strategi inovatif seperti meluncurkan layanan bertarif rendah, ia berhasil menarik minat pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar XL. Produk seperti Xplor dan AXIS menjadi andalan yang mendongkrak popularitas dan pendapatan XL.

Gaya Kepemimpinan Hasnul Suhaimi yang Tidak Biasa

Salah satu kunci sukses Hasnul Suhaimi adalah gaya kepemimpinannya yang out of the box dan rendah hati. Pendekatan ini membuat Hasnul berhasil menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Kepemimpinannya yang inspiratif mendorong karyawan untuk bekerja dengan semangat dan dedikasi tinggi.

Namun di balik kesuksesan ini, Hasnul juga menghadapi kerasnya tekanan dan persaingan ketat untuk berinovasi. Ditambah kritikan dan ekspektasi tinggi dari pemegang saham, membuat setiap keputusan harus diambil dengan bijaksana dan penuh perhitungan.

BACA JUGA :  6 Tahun Perjalanan RevComm Wujudkan Transformasi Komunikasi dengan AI

Pengakuan dan Penghargaan

Setelah semua dedikasi dan kerja keras, Hasnul dinobatkan sebagai Best CEO versi Majalah SWA 3  kali berturut-turut. Dia juga menjadi CEO Idaman versi Majalah Warta Ekonomi tahun 2009, dan The Most Inspiring CEO dari CNBC Indonesia tahun 2023. 

Doc. Antara Foto

Penghargaan ini adalah bukti nyata atas kontribusi dan inovasi yang dibawanya di dunia telekomunikasi. Ini juga menunjukkan bahwa dengan kegigihan, strategi cerdas, dan kepemimpinan yang inspiratif, seseorang bisa membawa perusahaan mencapai puncak kejayaan.

‘Resep’ Regenerasi Leader Ala Hasnul Suhaimi

Hasnul Suhaimi tidak hanya membangun bisnis lebih besar dan bisa bersaing. Ketika pensiun, Hasnul juga membuktikan mampu meregenerasi kepemimpinan sehingga perusahaan yang dia tinggal tidak sampai collapse. 

Skill regenerasi leadership ini tidak bisa dilakukan banyak orang. Banyak perusahaan langsung anjlok ketika leadernya tidak di perusahaan lagi. Namun Hasnul dengan pola leadershipnya, bisa mewariskan ilmu kepemimpinannya ke banyak orang.

BACA JUGA :  Tingkatkan Potensi Bisnis, Peserta WEC Berjejaring dengan Berbagai Stakeholder

Bukan hanya internal perusahaan, dengan lebih dari 35 tahun pengalaman dan pencapaian, Hasnul telah membantu ribuan pengusaha dan CEO lain mencapai kesuksesan melalui Sekolah CEO.

Doc. Bisnishack X Hasnul Suhaimi 

Selain itu, ia juga membagikan ilmu leadershipnya di Leadership Class bersama Bisnishack.

Ini adalah kesempatan emas bagi Anda yang ingin belajar langsung dari seorang maestro bisnis. Dapatkan ilmunya langsung di Leadership Class dan jadilah pemimpin yang mampu membawa perubahan besar bagi bisnis Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi RENY di 0813 9207 7733.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES