HalalTrip 40 Awards 2023 – 7 Pemimpin dari Indonesia

HalalTrip 40 Awards 2023 – 7 Pemimpin dari Indonesia

Singapura, 24 Agustus 2023 — 7 individu dari Indonesia menerima penghargaan HalalTrip 40 Awards 2023. Mereka merupakan di antara 40 individu inspiratif dari Uzbekistan, Inggris, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, dan lainnya. Para penerima penghargaan ini diumumkan dalam acara Halal In Travel Global Summit 2023 pada awal bulan Juni lalu di Singapura, yang dihadiri oleh tokoh-tokoh terkemuka termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno; Menteri Pariwisata dan Warisan Budaya Republik Uzbekistan, Ozodbek Nazarbekov; Wakil Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia, Khairul Firdaus Akbar Khan; dan Undersecretary, Departemen Pariwisata Filipina, Myra Paz Valderrosa-Abubakar.

HalalTrip 40 merupakan inisiatif yang mengakui dan merayakan upaya para individu Muslim yang telah membawa perubahan positif bagi komunitas Muslim. Ajang ini juga merupakan sumber inspirasi bagi umat Muslim di seluruh dunia melalui tekad, kreativitas, dan semangat mereka.

HalalTrip 40 2023 mencakup empat kategori yang berbeda, masing-masing mewakili sekelompok individu yang unggul di bidangnya masing-masing:

1. Trailblazers: Para pemimpin ini telah menggapai prestasi di bidang mereka, dan membuka jalan bagi orang lain.

2. Advocates: Berkomitmen pada perubahan sosial, individu-individu ini memperjuangkan isu-isu seperti pendidikan, amal, upaya kemanusiaan, dan advokasi lingkungan.

3. Inspirers: Pemberani dan menginspirasi, mereka memotivasi umat Muslim lainnya untuk menjadi lebih baik dan teguh pada keyakinan mereka.

4. Creators: Melalui sarana digital, konten, atau kreativitas mereka, para pembuat cerita ini mendorong orang lain untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Para pemenang HalalTrip 40 dari Indonesia dalam setiap kategori adalah sebagai berikut:

1. Trailblazers:

1.1. Nurhayati Subakat — Nurhayati Subakat mendirikan Paragon Technology and Innovation, yang merevolusi industri kosmetik Indonesia dengan merek kecantikan halal seperti Wardah, Make Over, Emina, dan Kahf. Dia memulai dengan merk shampo Putri sebelum fokus pada pasar Muslim yang pada masanya belum tereksplorasi. Nurhayati juga aktif dalam program CSR dan beasiswa serta telah berdonasi sebagai upaya bantuan Covid-19. Selama pandemi, Nurhayati menyelenggarakan Paragon Innovation Summit dan Awards 2.0 secara daring untuk menginspirasi dan mendukung para pemuda.

BACA JUGA :  Sinergi VRITIMES dan jurnalisbengkulu.com Dukung Visibilitas Startup dan UMKM Indonesia

1.2. Rahma Utami — Rahma Utami merupakan pendiri Suarise, sebuah perusahaan sosial Indonesia yang berfokus meningkatkan keterampilan literasi digital bagi penyandang tunanetra. Suarise memberikan pelatihan dan sumber daya khusus untuk memberdayakan tunanetra agar unggul di era digital serta meningkatkan daya saing mereka. Melalui pendekatan inovatif dan teknologi, Suarise dapat mengatasi rintangan, menawarkan program komprehensif dalam literasi komputer, pemrograman, desain web, dan lainnya. Dengan mempromosikan literasi digital, Suarise membuka pintu untuk peluang kerja yang sebelumnya tidak dapat diakses serta berkolaborasi dengan bisnis untuk mendorong inklusivitas. Kepemimpinan visioner Rahma Utami mendorong kesuksesan Suarise, memberdayakan tunanetra dan memupuk masyarakat yang lebih inklusif.

2. Advocates:

2.1. Haydira Prili Ananza — Haydira Prili Ananza merupakan individu inspiratif yang aktif dalam advokasi kesehatan mental. Sebagai mahasiswa psikologi, dia telah mendedikasikan dirinya untuk berbagi konten pendidikan bermanfaat dan memberikan nasihat tentang bagaimana menjalani kehidupan yang damai dan bahagia. Melalui karyanya, Haydira meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, mempromosikan praktik perawatan diri, dan mendorong kesejahteraan yang positif. Upayanya dalam mengatasi aspek penting ini telah beresonansi dengan banyak orang, menawarkan panduan dan dukungan bagi mereka yang ingin meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Komitmen Haydira Prili Ananza dalam mempromosikan kesehatan mental menjadikannya sosok yang berpengaruh dalam menginspirasi orang lain untuk memprioritaskan kesejahteraan emosional dan psikologis mereka.

2.2. Pandawaragroup — Berasal dari Bandung, Pandawaragroup bergerak sebagai kelompok yang berdedikasi untuk mempromosikan kesadaran lingkungan yang telah melakukan berbagai proyek berdampak signifikan. Salah satu proyek utama mereka adalah kampanye Satu Orang Satu Pohon, di mana mereka mendorong individu untuk menanam pohon sebagai kontribusi untuk upaya penghijauan. Mereka juga mengorganisir kegiatan pembersihan dan kampanye daur ulang untuk mengurangi limbah dan polusi. Proyek lain yang menonjol yakni program Sekolah Ramah Lingkungan, yang melibatkan pendidikan siswa dan guru tentang praktik-praktik berkelanjutan dan penerapannya di sekolah. Selain itu, Pandawaragroup telah bekerja untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dengan mengorganisir perjalanan ekowisata yang memprioritaskan pelestarian dan perlindungan lingkungan. Proyek-proyek ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga menciptakan dampak positif pada masyarakat setempat.

BACA JUGA :  VESTORA DAN KITABISA INGIN BANGUN GEDUNG PENCAKAR LANGIT DARI DANA WAKAF PRODUKTIF

3. Inspirers:

3.1. Husein Ja’far Al Hadar — Husein Ja’far Al Hadar merupakan sosok yang berpengaruh di Indonesia dalam mempromosikan perdamaian dan cinta melalui gaya khotbahnya yang mudah dimengerti. Dia menyampaikan ide-ide kompleks dengan cara yang mudah diakses, memberikan resonansi dengan audiensnya dan menginspirasi mereka menuju belas kasihan dan kebaikan. Husein Ja’far menekankan inklusivitas dan tenggang rasa terhadap keberagaman, mendorong inklusivitas terhadap keyakinan dan latar belakang yang berbeda. Pesan persatuan dari Husein Ja’far telah membuatnya dihormati oleh orang Indonesia dari berbagai latar belakang agama, memupuk persatuan dan harmoni. 

3.2. Zhafira Aqila — Zhafira Aqila adalah CEO TauLebih, platform yang memberikan pendidikan seksual komprehensif kepada anak-anak dari perspektif Islam. Dengan fokus pada nilai-nilai Islam, Zhafira memastikan bahwa anak-anak menerima informasi yang sesuai dengan usia mereka sesuai dengan keyakinan agama mereka. TauLebih mencakup kesadaran tubuh, hubungan asmara, persetujuan, dan batasan pribadi dalam kerangka ajaran Islam. Dengan menjembatani kesenjangan antara prinsip-prinsip Islam tradisional dan percakapan kontemporer, Zhafira memberdayakan anak-anak dan orang tua untuk terlibat dalam diskusi terbuka tentang pendidikan seksual. Kepemimpinannya dalam bidang penting ini memupuk individu yang memiliki dasar moral yang kuat, memupuk pengetahuan dan rasa hormat dalam komunitas Muslim.

4. Creators:

4.1. Zahid Ibrahim — Zahid Azmi Ibrahim adalah YouTuber yang menciptakan konten pendidikan dan pengembangan diri. Dengan jumlah pelanggan lebih dari 446.000, Zahid Azmi Ibrahim telah menjadi panutan bagi generasi Gen Z. Kanal YouTube-nya terkenal karena berbagi wawasan dan inspirasi. Dia juga berbagi pengetahuan dan perspektif berharga untuk pertumbuhan pribadi.

BACA JUGA :  Dorong UMKM Lebih Maju, Sampoerna dan INOTEK Luncurkan Program UMKM Untuk Indonesia 2024

“HalalTrip 40 adalah perayaan bagi Muslim yang menginspirasi dengan dedikasi yang tinggi, semangat inovatif, dan dampak positif. Setiap tahunnya, HalalTrip 40 menganugerahkan Muslim yang berkontribusi bagi komunitas di sekitarnya melalui prestasi dan upaya-upaya mereka. Di tahun ini, kami mengajak Anda untuk turut merayakan para pemenang yang tergabung dalam kategori Trailblazers, Advocates, Inspirers, dan Creators yang telah menanamkan nilai-nilai keunggulan, keragaman, dan pemberdayaan”, tutur Strategic Partnerships & Projects Lead, HalalTrip, Raudha Zaini.

HalalTrip, anak perusahaan CrescentRating, merupakan perusahaan yang bergerak dalam mengkurasi konten perjalanan untuk memfasilitasi wisatawan Muslim. HalalTrip 40 Awards pertama kali diluncurkan oleh HalalTrip pada tahun 2021 untuk merayakan individu-individu inspiratif yang telah membuat dampak positif melalui pekerjaan yang mereka lakukan.

HalalTrip 40 Awards bukanlah pengesahan pandangan dari para penerima penghargaan, melainkan bentuk pengakuan atas pengaruh mereka pada komunitas Muslim melalui kontribusi-kontribusi yang mereka berikan.

– SELESAI –

HalalTrip adalah platform konsumen online terkemuka dan aplikasi ponsel yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan unik para pelancong Muslim di seluruh dunia. Dengan komitmen yang kuat untuk menyediakan pengalaman perjalanan yang luar biasa sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, HalalTrip menawarkan berbagai layanan dan fitur yang dirancang khusus untuk komunitas Muslim. Mulai dari akomodasi dan pilihan makanan yang halal, hingga waktu-waktu salat dan penunjuk arah kiblat, HalalTrip memastikan para pelancong Muslim dapat memulai perjalanan mereka dengan percaya diri dan pikiran yang tenang. HalalTrip berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman perjalanan umat Muslim di seluruh dunia dan memupuk rasa keterhubungan dan eksplorasi yang lebih besar di dalam komunitas perjalanan Muslim global.

Nur Hazirah Jamaludin
nurhazirah@halaltrip.com

Daniswara Nugroho
daniswara@halaltrip.com

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES