Daerah  

Grebeg Suro Gelar “Belah Jimat” Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

Probolinggo, π™π˜Όπ™†π™π™π˜Όπ™‡.π˜Ύπ™Š.π™„π˜Ώ 𝙖,Warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo memiliki cara tersendiri dalam memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 hijriah
Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H diperingati begitu meriah oleh warga Kelurahan Mangunharjo dengan gelaran Pawai Budaya dan Jamasan Pusaka. Kegiatan itu terangkum dalam giat Belah Jimat (Bersih Lahir dan Jiwa Masyarakat ) diadakan dari swadaya masyarakat setempat.
Hal itu disampaikan anggota DPRD Kota Probolinggo Fraksi Gerindra,dr,H,Aminuddin saat mengikuti acara yang berlangsung dikerumunan ribuan massa. “Masyarakat sangat mendukung dan antusias sekali. Mengharapkan ini berkelanjutan dalam setiap tahun. “Tujuan kegiatan ini digelar, supaya kita sebagai generasi penerus, tidak lupa dengan sejarah tempat yang kita kenang saat ini,” terangnya.Minggu ( 7/7/2024) pagi
Melalui PURWA KANTHI MAWA NISMARA bertemakan β€œ Mengawali Dengan Membawa Suasana Penuh Ketentraman β€œ kirapun digelar dengan menggunakan mobil hias dan diiringi tabuhan musik tradisional.Beragam mobil kencana hias itu mengawali start di area Klenteng Tridharma Sumbernaga di wilayah Kelurahan Mangunharjo.
Salah satu peserta,Yayuk mengungkapkan dirinya mengantongi tiga lembar kupon jalan sehat yang ia beli Rp 2.000 dari panitia kegiatan.” Berharap giat ini terus ada setiap tahunnya. Ya, selain Pawai Budaya, juga diadakan jalan santai dengan beraneka ragam door prize..
Penjabat Walikota Probolinggo,Nur Kholis mengapresiasi atas keguyuban warga Kelurahan Mangunharjo dalam menyelenggarakan kegiatan yang begitu luar biasa.Saya berpesan agar warga saling menjaga kerukunan. β€œTahun depan kegiatan ini harus tetap ada dengan hadiah yang lebih besar,” katanya.(Mamad)

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.IDΒ diΒ Google NewsΒ klikΒ disiniΒ dan jangan lupa di follow.
BACA JUGA :  Maraknya Perkelahian Antar Pelajar, Mengguncangkan Dunia Pendidikan