Daerah  

Bimbingan Teknis(BIMTEK) Mengatasi Masalah Sampah Dengan Meluncurkan Program Inovatif

Palembang, FAKTUAL.CO.ID – Pemerintah Kota Palembang terus mengukuhkan komitmennya dalam mengatasi masalah sampah dengan meluncurkan program inovatif yang bertujuan untuk mengelola sampah rumah tangga secara efektif. Melalui serangkaian kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan di 18 kecamatan, program ini khusus ditujukan untuk ibu-ibu di Pokja 4.

Kepala Tim Sumber Daya Alam Pertambangan dan Lingkungan Hidup, Rahmawaty, menjelaskan bahwa Bimtek ini merupakan lanjutan dari upaya sosialisasi sebelumnya yang sukses melibatkan ibu-ibu PKK dalam penyebaran pengetahuan tentang manajemen sampah yang efektif. “Kami optimis kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah, terutama di tingkat rumah tangga, akan semakin meningkat, yang pada gilirannya diharapkan dapat mengurangi risiko banjir di Palembang,” ujarnya.

Program ini tidak hanya memberikan teori, tetapi juga mendorong implementasi praktis seperti pengenalan bank sampah untuk mengelola limbah dengan lebih efisien. Salah satu inisiatif yang menonjol adalah pengolahan minyak jelantah menjadi produk bernilai tambah seperti sabun dan aroma terapi.

BACA JUGA :  Satpol PP Bersama Tim Gabungan Bongkar Bangunan Melanggar Aturan di Jalan Pasar 16 Ilir Kota Palembang.

Rahmawaty menambahkan, “Kami berharap program ini berkelanjutan. Setiap individu diharapkan aktif dalam mengurangi sampah yang dihasilkan setiap hari.”

BACA JUGA :  Peringatan Hari Lansia Nasional ke 28, Rumah Zakat Gelar Tasyakuran Dan Bakti Sosial Bersama Klinik Dokterku Bondowoso

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberlanjutan lingkungan, menjadikan Palembang sebagai contoh dalam pengelolaan sampah bagi kota-kota lain. Mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota, program ini bertujuan untuk mencapai dampak positif yang signifikan bagi lingkungan.

BACA JUGA :  Haflah dan Akhirussanah Tasyakur Alumni ke-20 Pondok Pesantren Ar Rahman

Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder terkait, harapan terwujudnya Palembang yang lebih bersih dan lestari semakin menguat.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.