Daerah  

Peringatan Hari Lansia Nasional ke 28, Rumah Zakat Gelar Tasyakuran Dan Bakti Sosial Bersama Klinik Dokterku Bondowoso

Bondowoso, FAKTUAL.CO.ID – Hari Lanjut Usia Nasional ke-28 tahun 2024 mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”. Guna memperingati HALUN tersebut Pos Taman Lansia Barokah Desa Wonosari yang merupakan binaan Rumah Zakat pada Sabtu 1 Juni 2024 menggelar acara Tasyakuran serta baksos berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada puluhan Lansia oleh Tim Dokter serta Perawat Dari KLINIK DOKTERKU Bondowoso.

Senam Bersama Lansia oleh Komunitas senam alun alun Bondowoso menjadi pembuka dari rangkaian acara tersebut. Alif Bahtiar selaku Fasilitator Rumah Zakat sekaligus pembina dari Perkumpulan Lansia Barokah dalam sambutannya mengatakan “Lansia bukanlah beban sosial, Lansia adalah guru hidup bagi para pemuda sekarang dalam mencontoh semangat dan menimba pengalaman. Disini kami ingin mengirim pesan bahwa menjadi Lansia bukan berarti hanya berdiam diri dirumah,

Lansia yang terawat Masih bisa produktif dalam segala hal, dan mampu berkontribusi untuk lingkungan sosial, bahkan mereka atas hidayah Allah masih semangat menuntut ilmu setiap hari belajar mengaji dan berkegiatan produktif di Taman Lansia Barokah ini.”

BACA JUGA :  Penyaluran BLT di Kabupaten Banyuwangi Kini Telah Mencapai 95%

Pemeriksaan Kesehatan dilakukan oleh dr. Deni Agus Setiawan dan dr. Sinta Agita Anggraini serta Perawat dari KLINIK DOKTERKU Bondowoso, satu persatu Lansia dicek Kesehatannya melalui tensi dan Gula darah. Permasalahan kesehatan Lansia masih pada Hipertensi dan Nyeri pada bagian pinggang dan Kaki. Para Lansia yang tensi darah tinggi disarankan untuk ke Puskesmas oleh dokter.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Dan Forkopimda Bondowoso Nobar Pagelaran Wayang Orang “Pandawa Boyong"

Selain senam dan pemeriksaan kesehatan, Sejumlah Lansia yang tergabung dalam tim kesenian menghibur para lansia lain dengan lesung tumbuk padi jaman dulu atau Ronjengan dengan melantukan sholawat serta lagu daerah Madura.

BACA JUGA :  Dua Pekan, Polres Situbondo Berhasil Ungkap Empat Kasus Perjudian

Kegiatan Tasyakuran serta doa dipimpin oleh Kyai Masduki yang juga Lansia. Nasehat yang disampaikan adalah melalui Tasyakuran bentuk kita mensyukuri nikmat dipanjangkan waktu untuk memperbaiki diri, memperbanyak ibadah dan memperbanyak istighfar.” Tuturnya.(**)

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.