Polri  

Kapolresta Denpasar Sambangi KSOP Pelabuhan Benoa, Ini yang Disampaikan

Dok. Humas Polresta Denpasar

Denpasar, FAKTUAL.CO.ID – Setelah beroperasi Pelabuhan penyeberangan Sanur sejak bulan November 2022 lalu berdampak signifikan terhadap arus lalulintas di kawasan jalan menuju pelabuhan yaitu jalan By Pass Ngurah Rai – simpang jalan Matahari Terbit Sanur Densel yang kerap kali mengalami kemacetan yang cukup panjang dan itu pula menjadi keluhan banyak warga ke pihak Kepolisian.

Dalam upaya mencari solusi dan mengatasi hal tersebut Kepala Kepolisian Resor Kota Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, SH., SIK., MH. Kamis Sore (12/1/23) Silaturahmi dan menyambangi Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di Pelabuhan Benoa.

Disambut langsung Kepala KSOP Kelas II Benoa, Ridwan Chaniago, Kapolresta Denpasar tampak berbincang akrab dengan kepala KSOP Benoa.

BACA JUGA :  Selama Dua Bulan Ungkap Tindak Pidana Narkoba, Sat Resnarkoba Polresta Denpasar Amankan 54 Tersangka

Menurut Kapolresta Denpasar, mencari solusi untuk kemacetan yang terjadi memerlukan keterlibatan semua pihak terkait, salah satunya perlu adanya Pos pengamanan terpadu, “Menjaga situasi Kamtibmas dan mengatasi kemacetan perlu dibangun Pos Pengamanan Terpadu di Pelabuhan sanur,” ucap Kapolresta yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kapolsek Denpasar Selatan Kompol I Made Teja Dwi Permana, SH.,SIK.

BACA JUGA :  Bersama Korlantas Polri dan Instansi Samping, Polres Magetan Gelar FGD Pasca Laka Bus Pariwisata

Lebih lanjut Kapolresta mengatakan perlunya untuk dicarikan akses jalan lain menuju pelabuhan, karena kemacetan terjadi akibat akses keluar masuk pelabuhan yang hanya satu.

Menanggapi hal tersebut Kepala KSOP Benoa sangat mengapresiasi dan mendukung usulan Kapolresta untuk membuat pos pengamanan terpadu di kawasan pelabuhan Sanur, Dirinya juga menjelaskan bahwa pada 16 Pebruari 2023 secara resmi akan dilakukan penyerahan dari kontraktor kepada Kementrian terkait pembangunan Pelabuhan.

Menurutnya nanti akan ada penunjukan Badan Usaha pengelola Pelabuhan yang akan mengkordinir terkait pembangunan Pos Pengamanan terpadu di kawasan Pelabuhan Sanur.

BACA JUGA :  Presiden PERADRI Apresiasi Kinerja Polda Jatim yang Berhasil Ungkap Ratusan Kasus Judi Online di Tahun 2022

“Pada saat penyerahan kepada BUP pelabuhan Sanur akan kami usulkan terkait pembangunan Pos pengamanan terpadu,” ucap Kepala KSOP Benoa.

Untuk di ketahui saat ini akses keluar masuk sekarang memang buntu, Untuk itu memerlukan kolaborasi dengan Dinas perhubungan sedangkan kepemilikan tanah di sekitar pelabuhan sanur adalah tanah adat dan pribadi, sehingga diharapkan Pemda dan Pemkot dapat memfasilitasi kepada desa adat maupun pemilik tanah. (Red)