SURABAYA, FAKTUAL.CO.ID – Untuk mempererat silaturahmi dan Sinergitas antara awak media dengan Kepolisian, khusunya di Pelayanan Publik yang dilakukan jajaran satpas SIM Colombo patut diapresiasi baik.
Membangun Sinergitas bersama awak media berkonsep ngopi darat (NGOPDAR) yang dilakukan Satpas SIM Colombo ini, disambut baik para awak media.
Giat ngopdar tersebut, banyak yang di perbincangkan yaitu terkait seputar pelayanan di Satpas SIM Colombo.
Perlu di ketahui, pada saat Bulan Juli di Tahun 2024 lalu. Iptu Dyah Ayu Miranda, SlrK, yang kini menggantikan AKP Sigit Eka Sahudi.SH ini, merupakakan sosok srikandi yang pernah mengedukasi masyarakat melalui patroli secara humanis di wilayah hukum Polrestabes Surabaya Polda Jatim yakni terkait pentingnya Kamseltibcarlantas kepada Masyarakat pengguna Kendara motor di jalan raya.
Menurut Iptu Dyah Ayu Miranda, SlrK, tujuan ngopdar yang bertajuk bangun sinergitas merupakan upaya untuk membangun hubungan kerja sama yang produktif dan kemitraan yang harmonis untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan bermanfaat,” ujarnya.
Masih lanjut kata Iptu Dyah, Kepolisian sebagai penyelenggara pelayanan publik harus memberikan pelayanan yang baik, humanis, dan prima kepada masyarakat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh kepolisian yakni Memberikan pelayanan dengan berorientasi pada prinsip civilian police, yaitu menjadikan masyarakat sipil sebagai fokus pelayanan, Memperpendek prosedur pelayanan.
“Mempercepat waktu penyelesaian, Meningkatkan kompetensi petugas pemberi pelayanan, Menjamin rasa keadilan di masyarakat serta transparan dan terarah,” tegasnya.
Sebagai penyelenggara negara, lanjut Iptu Dyah, Kepolisian juga harus memberikan prioritas utama pada pengaduan masyarakat.
Pengaduan masyarakat yang banyak tentunya membutuhkan layanan tambahan agar dapat diproses dengan tepat waktu dan berkualitas,” ucapnya.
Tentang terkait pelayana prima di Satpas SIM Colombo, Iptu Dyah Ayu Miranda, SlrK menyebutkan dihadapan awak media, target pelayanan prima yang baik yaitu memuaskan bagi pemohon khususnya di Satpas SIM Colombo, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman positif dan mendalam.
“Semisal memberikan pelayanan yang cepat, ramah, informatif, responsif, inovatif, transparan, dan berkualitas, Memberikan respons cepat dan tepat untuk setiap pemohon atau keluhan,” katanya.
Perlu untuk diketahui, masih lanjut kata Iptu Dyah, Satpas SIM Colombo mengedepankan Transparansi pelayanan publik, keterbukaan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik, sehingga mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat.
“Seperti memberiksn Informasi yang relevan, tepat, dan jelas, Informasi harus disediakan secara memadai dan mudah dimengerti, juga informasi harus mencakup segala aspek proses penyelenggaraan pelayanan, seperti persyaratan, biaya, waktu, dan hak dan kewajiban penyelenggara dan Memberikan informasi secara terbuka melalui sosialisasi, brosur, sepanduk, buku panduan, dan website,” tutupnya.
Terpisah selaku pengliat kuli tintah sekaligus kordinator agenda Giat ngopdar yaitu Joko Glewo sapaan akrabnya, didampingi Tom Silihoyah dan Hartono Gondrong, di Gedung TAKOPI tepatnya area Jln Perak Barat 69 mengatakan, Rabo (08/01/2025),” giat ngopdar ini bertujuan menjalin sinergitas antar awak media, khusunya untuk mempererat silaturahmi awak media dengan Kepolisian di pelayanan publik,” cetusnya.
Joko Glewo juga menginformasikan, giat ngopdar tersebut, hadir juga jajaran Petugas Kepolisian Satpas SIM Colombo yakni Erwany selaku Kasubnit 1, Hariyo Kasubnit 2 dan Dani Kasubnit 3,” pungkas Glewo. KBO (andri.p)