DISPARBUD Gelar Pertemuan Dengan Ketua KAN Se-Kabupaten Solok

Ket, Foto. pertemuan penting dengan para Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) se-Kabupaten Solok,; Diona/Faktual.co.id

Solok, FAKTUAL.CO.ID — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok menggelar pertemuan penting dengan para Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) se-Kabupaten Solok, di ruang rapat Gedung Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Solok, Koto Baru, Jumat, (30/09/2024).

Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi kegiatan kebudayaan dan adat untuk tahun 2025. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Disparbud, drg. Aida Herlina, serta para Ketua KAN dari seluruh nagari di Kabupaten Solok.

Sekretaris Disparbud, drg. Aida Herlina, mengatakan bahwa sinkronisasi kegiatan kebudayaan dan adat sangat penting untuk memastikan keselarasan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Ia menjelaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan lembaga adat dalam menjaga kelestarian budaya di Kabupaten Solok.

“Kami di Disparbud sangat mengedepankan kolaborasi dengan para Ketua KAN untuk memastikan bahwa program kebudayaan yang kami rencanakan sejalan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat adat. Pertemuan ini adalah langkah awal untuk mendengarkan masukan dan saran yang akan menjadi dasar dalam menyusun program tahun depan,” ujar drg. Aida Herlina.

BACA JUGA :
PJS Bupati Solok Prihatin Dengan Musibah Longsor Tambang di Sungai Abu, Kabupaten Solok

Pertemuan ini berlangsung dinamis dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang interaktif. Para Ketua KAN memberikan berbagai masukan terkait program yang telah berjalan serta usulan untuk kegiatan kebudayaan di tahun mendatang.

Selain itu, salah satu topik utama yang dibahas adalah keinginan untuk membentuk sebuah wadah organisasi yang bisa menjadi tempat berkumpulnya para Ketua KAN se-Kabupaten Solok dalam satu forum yang terstruktur.

Setelah diskusi yang panjang, akhirnya disepakati untuk membentuk Forum Kerapatan Adat Nagari (FORKAN) Kabupaten Solok.

BACA JUGA :
PJS Bupati Solok Memantau Langsung Evakuasi Korban Longsor Tambang Emas

Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para Ketua KAN untuk berkoordinasi, bertukar pikiran, dan menyelaraskan program-program adat dan kebudayaan di setiap nagari. Pemilihan ketua forum pun langsung dilakukan dalam pertemuan tersebut.

H. Adius Saleh Dt Rajo Mudo, salah satu tokoh adat yang dihormati di Kabupaten Solok, terpilih sebagai Ketua FORKAN Kabupaten Solok. Ia mendapatkan kepercayaan dari para Ketua KAN untuk memimpin forum ini dengan harapan dapat memperkuat peran lembaga adat dalam menjaga dan mengembangkan budaya lokal.

Adius Saleh Dt Rajo Mudo dalam sambutannya menyatakan, “Saya merasa sangat terhormat dan sekaligus tertantang dengan kepercayaan yang diberikan ini. FORKAN akan menjadi sarana penting untuk memperkuat ikatan antar nagari dan memastikan bahwa nilai-nilai adat tetap terjaga di tengah arus modernisasi. Saya berkomitmen untuk segera menyusun kepengurusan dan merancang program kerja yang konkret.”

BACA JUGA :
PJS Bupati Solok Lakukan Kunjungan Ke Kawasan Perkantoran di Islamic Center Koto Baru

Sekretaris Disparbud, drg. Aida Herlina, menyambut baik terbentuknya FORKAN dan berharap forum ini dapat menjadi mitra strategis bagi pemerintah daerah dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.

Pertemuan yang digelar oleh Disparbud Kabupaten Solok ini menjadi tonggak penting dalam upaya sinkronisasi kegiatan kebudayaan dan adat di Kabupaten Solok.

Dengan terbentuknya FORKAN, diharapkan ada sinergi yang lebih baik antara pemerintah daerah dan lembaga adat, sehingga pelestarian budaya lokal dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan.(Diona).

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.