Daerah  

Tolak Pemindahan Mesin PLTG, Ratusan Warga Demo Kantor PLN ULP3 Nias

Kepulauan Nias, FAKTUAL.CO.ID-Akibat pemadaman listrik yang tidak beraturan, Ratusan Massa yang menamakan dirinya gerakan Masyarakat Nias Utara (GEMA-NISUT) gelar aksi demo di kantor PLN UP3 Nias, Jln Gomo Kota Gunungsitoli, Rabu (07/08/2024)

Para demonstran memprotes dan meminta pihak PLN untuk menghentikan pemadam yang tidak beraturan beberapa bulan terakhir ini dan menolak keras rencana PLN memindahkan mesin PLTG 25 MW keluar pulau Nias

Protes keras di sampaikan oleh Pimpinan Aksi: FEBEANUS ZALUKHU dan para koordinator Lapangan: Analisman Zalukhu,SH dkk serta tim orasi ASAFATI LASE.

Pimpinan Aksi FEBEANUS ZALUKHU menjelaskan kepada ratusan peserta aksi Gema Nisut bahwa telah kita sampaikan Tuntutan dan Pernyataan Sikap serta Somasi Gema- Nisut dan telah diterima serta ditanda tangani oleh Manager Revi, Somasi tersebut harus dijawab oleh pihak PLN ULP3 NIAS Selama 7( Tujuh) hari.

Berikut Tuntutan demonstran sebagai-berikut :
1.Secara substansial demontrasi hari ini rabu tgl 07 Agustus 2024 adalah hak politik warga negara yang di jamin UUD 1945 pasal 28 UU No. 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum.Selain itu. demontrrasi adalah cara rakyat menyatakan sikap serta bentuk protes terhadap penindasan dan ketidak adilan.

BACA JUGA :
Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Make up Artist (MUA) Tahun 2024

2.Meminta kejelasan pihak PT. PLN ULP3 nias yang disinyalir dan diduga kuat, bahwa pemadaman listrik di kepulauan Nias tidak sesuai dengan prosedur dan terkesan diluar jadwal pemadaman.

3.Mendesak pihak PT. PLN ULP3 nias, segera menghentikan pemadaman listrik yang seringkali meresahkan masyarakat dan segera mengatasi masalah krisis listrik sehingga pemadaman listrik tidak berkepanjangan terjadi di wilayah kabupaten nias utara.

4.Menolak dengan tegas rencana pemindahan mesin pembangkit lisrik tenaga GAS (PLTG) 25 MW dari Gunungsitoli kepulauan Nias ke Sulawesi karena di anggap merugikan masyarakat kepulauan Nias.

5.Menuntut PT. PLN ULP3 Nias untuk menurunkan biaya pembayaran tagihan listrik sebagai kompontensi terkait tingkat mutu pelayanan tenaga listrik serta ketidak profesionalan PT. PLN ULP3 Nias selama ini.

BACA JUGA :
Unsri Terima 3.069 Orang Jalur Mandiri

6.Menuntut PT. PLN ULP3 Nias bersedia memberikan ganti rugi atas kerusakan alat -alat elektronik masyarakat yang diakibatkan pemadaman listrik yang merujuk pada UU nomor 30 THN 2009 tentang ketenagalistrikan dan UU nomor
8 THN 1999 tetang Perlindungan Konsumen.

7.Mendesak managerial PT. PLN ULP3 Nias. untuk memenahi profesionalisme kinerja PLN yang bersifat transparan dan akuntabel,dalam menyediakan kebutuhan listrik kepada masyarakat (konsumen) di wilayah kepulauan Nias.

8.Mengingatkan kepada Presiden RI Joko widodo serta pemerintah pusat agar memberikan perhatian serius dan berpihak kepada rakyat atas kondisi darurat listrik di kepulauan Nias.

9.Meminta BPK RI, BPKP, Pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Nias Utara untuk melakukan audit investigasi terhadap PT. PLN Area Nias untuk menemukan kejanggalan dan ketidak beresan serta kesemerawutan pengelolaan energi listrik di kepulauan Nias.

10.Menuntut PT. PLN ULP3 Nias segera meminta maaf kepada masyarakat kepulauan Nias (kosumen) atas tindakannya melakukan pemadaman listrik selama beberapa bulan, yang dilakukan di beberapa media Massa.

BACA JUGA :
Kapolres Banyuasin Turun Langsung Mengecek Kesiap Siagaan Personilnya

11.Menuntut PT. PLN ULP3 Nias untuk memastikan tidak akan terjadi lagi pemadaman listrik secara terus – menerus, serta menjaga ketersediaan pasokan listrik di masa yang akan datang sehingga tidak terdapat padam listrik rutin dan tak beraturan di wilayah kabupaten nias utara.

Pihak PT.PLN ULP3 Nias merima demonstran di depan pagar kantor PLN Area Nias dijalan Gomo kota Gunungsitoli

Tampak Manager PT.PLN ULP3 NIas a.n.Revi Aldrian Sinulingga didampingi para asisten dan Manager ULP Gunungsitoli, sangat mengapresiasi peserta demonstran dan meminta maaf atas ketidak nyamanan masyarakat Nisut, akibat pemadaman listrik yang berkepanjangan. kami telah menerima aspirasi ini dan akan kami teruskan kepada pimpinan pusat. Kata Manajer PT.PLN ULP3 Nias. (Trh)

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.