News  

Sat Binmas Polres Banyuasin Lakukan Penilaian 3 Pilar di Desa Purwosari

BANYUASIN, FAKTUAL.CO.ID – Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Banyuasin melaksanakan penilaian lomba Tiga Pilar Sat Kamling. Penilaian ini dilaksanakan ke sejumlah Pos Sat Kamling dalam wilayah hukum Polres Banyuasin.

Penilaian ini seperti yang dilaksanakan di Pos Sat Kamling di Desa Purwosari Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, Minggu (16/6). Yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Yudhi Cahyono SH didampingi KBO Sat Binmas Iptu Abu Bakar SH.

Kemudian, Kanit Bhabinkamtibmas Aipda Nurhidayat SH, Kanit Binpolmas Aipda Beni Afandi, Kanit Binkamsa Bripka Topik Hidayat SH, Kanit Bintibsos Bripka Mujie Destyan SH, Kaur Mintu Bripka Ria Mawarni, dan anggota Sat Binmas Polres Banyuasin.

Hadir Camat Tanjung Lago Pujuanto, Kapolsek Tanjung Lago Iptu Agus Widodo SH, Danramil Tanjung Lago Kapten Infantri Czi M Rusli, Kanit Binmas Polsek Tanjung Lago Aipda Maryanto, Bhabinkamtibmas Purwosari Bripka Benni Prima, Kades Purwosari Supriyanto, Babinsa Purwosari Sertu Yusnir, DPMD Banyuasin yang diwakili Kabid Penataan Suhidin, Tomas dan Toga Purwosari.

BACA JUGA :  Sespim Lemdiklat Polri Letakan Batu Pertama Bangun Masjid, Didesain Ridwan Kamil

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo mengatakan, lomba ini dilaksanakan untuk menjaga dan memelihara budaya menjaga lingkungan dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas di masyarakat. Salah satunya dengan kegiatan kumpul bersama atau ronda dimalam hari.

“Lomba ini bertujuan sebagai stimulan guna menumbuhkan kembali budaya ronda dan jaga malam di lingkungan. Sehingga lingkungan aman dan masyarakat pun nyaman,”ujar Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo saat dikonfirmasi, Selasa (18/6).

AKP Sutedjo menuturkan, keterlibatan TNI-Polri ini merupakan wujud soliditas bersama warga dalam menyongsong keamanan dan ketertiban lingkungan. Ini juga bagian semarak bersama menyambut lomba Pos Sat Kamling.

“TNI-Polri dengan solid hadir ditengah masyarakat untuk memberikan rasa nyaman dan aman masyarakat. Selain itu juga hadir sebagai penggerak dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” kata dia.

Diharapkan kegiatan seperti ini dapat menjadikan TNI-Polri bersama masyarakat semakin solid dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Polri Bersama PMPI Gelar Dialog Kebangsaan, Hadirkan Habib Luthfi sebagai Narasumber

“Dengan kita bersama maka akan semakin menambah solid dan tentunya situasi Kamtibmas yang aman serta kondusif akan tetap terjaga dan terpelihara. Sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman,”ucap dia.

Sebelumnya pada pelaksanaan lomba 3 Pilar Sat Binmas Polres Banyuasin ini melaksanakan tahapan penilaian yang mana pada tanggal 11 Juni 2024 Zoom Meeting bersama Korbinmas Baharkam Polri dan Dit Binmas Polda Sumsel dilanjutkan Rapat Persiapan Lomba oleh Sat Binmas Polres Banyuasin.

Pada tanggal 12 s.d 15 Juni 2024 Pengisian Blanko Penilaian pada kolom G berupa Dokumentasi/ Foto/ Screenshoot melalui Link Google Spreedsheet oleh Kanit Binmas Jajaran Polres Banyuasin

Selanjutnya Pada tgl 15 Juni 2024 Pukul 15.00 WIB dilaksanakan rapat penilaian terhadap hasil pengisian blanko tersebut di Pimp Kasat Binmas Polres Banyuasin.
Pada tgl 16 Juni 2024 dilakukan Penilaian dan Pengecekan Fisik oleh Tim Penilai Sat Binmas Polres Banyuasin secara langsung ke Desa yang terbanyak memenuhi kriteria penilaian.

BACA JUGA :  Polres Bondowoso mendapatkan penghargaan the best tema dalam pos Yan ops ketupat Semeru 2024

“Pada tanggal 16 Juni 2024 Pukul 14.00 WIB Rapat Penentuan Pemenang Lomba 3 Pilar Tingkat Polres Banyuasin, dan
pada tanggal 16 Juni 2024 Pukul 16.00 WIB mengirimkan data berupa Video, Folder Dokumentasi/Foto/Screenshoot dan Blanko Penilaian dalam bentuk Rar/Zip ke Panitia Lomba Dit Binmas Polda Sumsel,” terang dia.

Hasil Penilaian dan Pengecekan fisik secara langsung ke Desa Purwosari yang terbanyak memenuhi kriteria penilaian dimana sarana dan prasarana (sarpas) yakni Kantor 3 Pilar, kondisi bangunan permanen dan baik, memiliki Papan nama Kantor, memiliki ruang kerja rapat dan memiliki kursi dan meja kerja.

Struktur Organisasi yakni memiliki susunan pengurus organisasi, memiliki Pertelahaan tugas masing-masing. Dan
Peta Desa memiliki Peta Desa, memiliki peta gangguan kamtibmas, dan memiliki peta bencana.”Lomba 3 pilar tingkat Polres Banyuasin ini dimenangkan Desa Purwosari,” pungkasnya.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.