QNAP Hadirkan solusi Login Tanpa Kata Sandi untuk Meningkatkan Keamanan NAS

Kesalahan yang sering terjadi akibat penggunaan password yang umum di gunakan, bisa menjadi ancaman bagi perusahaan. Beberapa orang menggunakan password yang sudah umum di gunakan alasannya agar mudah di ingat dan menjadi standar dari password login ke perangkat mereka, namun hal itu bisa menjadi ancaman bagi anda jika password tersebut terlalu mudah ataupun sama di gunakan di beberapa perangkat anda. QNAP memberikan solusi untuk meningkatkan keamanan login ke perangkat QNAP NAS anda dengan mengaktifkan fitur Passwordless authentication.

Penggunaan kata sandi yang umum digunakan: Saat keamanan berubah menjadi krisis

Coba pikirkan, bukankah kita semua memiliki kebiasaan buruk menggunakan string super sederhana seperti “123456” atau tanggal lahir kita sendiri untuk membuat kata sandi? Menurut survei yang dilakukan oleh Exploding Topics, hingga 30% orang Amerika mengalami kebocoran data karena penggunaan kata sandi yang lemah, dan kebanyakan orang bahkan menggunakan kata sandi yang sama pada platform yang berbeda. Karena banyaknya kata sandi yang harus diingat, sering kali kita hanya menuliskannya sembarangan di buku catatan dan meninggalkannya di laci. Sejujurnya, praktik ini merupakan bencana bagi keamanan!

Beberapa tahun terakhir telah terjadi serangan keamanan siber yang tak terhitung jumlahnya, yang menunjukkan bahwa biaya serangan kata sandi lebih rendah dibandingkan sebelumnya, sehingga membuat sistem kata sandi menjadi lebih rentan. Pengelolaan banyak kata sandi merupakan hal yang rumit dan rawan kesalahan, sehingga solusi alternatif menjadi semakin penting.

BACA JUGA :  Proyek infrastruktur yang sedang berjalan meningkatkan konektivitas dan menarik investasi

Passwordless Login: sederhana dan aman

Otentikasi tanpa kata sandi adalah solusi yang sangat nyaman. Tidak perlu lagi mengingat kata sandi yang rumit, dan risiko kebocoran juga berkurang. Menggunakan kode verifikasi satu kali untuk login memastikan hanya Anda yang dapat mengakses NAS Anda. Pendekatan ini hampir bersifat zero-trust, memerlukan verifikasi identitas yang ketat untuk setiap login, sehingga memberikan tingkat perlindungan tertinggi untuk keamanan data Anda.

BACA JUGA :  Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Mendaftarkan Perusahaan?

Bagaimana cara kerjanya? Cara kerja otentikasi tanpa kata sandi

Cara Kerja Passwordless login

Otentikasi tanpa kata sandi melibatkan teknik enkripsi kunci publik dan kunci pribadi yang ketat. Kunci publik bersifat publik, namun hanya pemegang kunci privat yang dapat mendekripsinya. Hal ini memastikan bahwa meskipun informasi disadap selama transmisi, informasi tersebut tidak dapat dibaca oleh mereka yang tidak memiliki kunci privat. Teknologi ini tidak hanya aman, tetapi juga membuat proses login menjadi cepat dan lancar.

Setelah login tanpa kata sandi diaktifkan di QNAP NAS, sistem akan menghasilkan sepasang kunci publik dan pribadi yang sesuai. Kunci publik disimpan di NAS, sedangkan kunci pribadi disimpan di perangkat seluler Anda. Nanti, saat Anda masuk ke NAS, permintaan verifikasi signature dibuat menggunakan kunci publik dari NAS dan kunci pribadi dari perangkat seluler Anda melalui suatu algoritma. Login hanya dapat diselesaikan jika signature dari kedua pihak cocok.

BACA JUGA :  Elmedinah Indonesia Meluncurkan Habbaz Trigomax: Solusi Herbal untuk Kesehatan Menyeluruh

Lebih cepat dan aman: Masuk dengan kode QR dan kode verifikasi one-time

Image

Otentikasi tanpa kata sandi untuk login QNAP NAS diselesaikan dengan memindai kode QR atau memasukkan kode verifikasi. Anda hanya perlu menginstal aplikasi QNAP Authenticator di ponsel Anda, memindai kode QR atau memasukkan kode verifikasi untuk login dengan cepat dan aman. Pendekatan ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pengguna namun juga sangat meningkatkan keamanan data, sehingga cocok untuk orang-orang modern yang sibuk dan sangat menghargai keamanan. Untuk masuk dengan aman, cukup masukkan kode verifikasi yang ditampilkan di NAS ke QNAP Authenticator di perangkat seluler Anda.

kunjungi situs web kami di www.qnap.com untuk informasi lebih lanjut atau konsultasikan dengan tim terbaik kami di nomor whatsapp berikut +62 817-1717-7627 .

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES