Polri  

Polres Banyuasin Melaksanakan Lomba TKP Dan TPTKP Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke 78

BANYUASIN, FAKTUAL.CO.ID – Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, Mengadakan Rangkaian HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, berbagai lomba yang salah satunya yaitu lomba olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Pertama (TPTKP).

Kapolres Banyuasin mengatakan bahwa lomba untuk meningkatkan kualitas anggota dalam pengungkapan kasus kejadian kejahatan.

“Lomba diikuti Anggota Resere Kriminal polres banyuasin dan polsek jajaran. Lokasi lomba di halaman Polres Banyuasin,” kata AKBP Ferly Rosa Putra

BACA JUGA :  Kasat Lantas Pimpin Langsung Bersih Bersih Tempat Ibadah

Kapolres mengatakan juga lomba ini bertujuan untuk mengasah kembali kemampuan anggota dalam mengamankan, serta mengolah suatu tempat kejadian perkara.

“Anggota untuk serius dalam mengikuti lomba dan junjung sportifitas,” katanya.

lomba ini, juga sebagai ajang pelatihan kembali anggota dalam mengaplikasikan kemampuan mengolah suatu TKP agar tidak rusak. Penanganan TPTKP, merupakan kunci dalam penanganan suatu kasus yang terjadi, apabila dalam olah TPTKP tidak tepat, maka akibatnya akan fatal, sehingga mengakibatkan sulitnya pengungkapan suatu kasus.

BACA JUGA :  Workshop Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

“Penanganan pertama TPTKP menjadi dasar pembelajaran mencari petunjuk dalam melakukan penyelidikan dan upaya paksa walaupun selama ini kegiatan tersebut sering dilakukan oleh unit Identifikasi Reskrim,” jelasnya.

BACA JUGA :  Polres Nganjuk Bongkar Tiga Lokasi Sekaligus Diduga Tempat Judi Sabung Ayam

“Dalam suatu kejadian, petugas jangan sampai terpaku pada arah lari pelaku juga saksi yang ada, namun saat ini kita harus memadukan antara olah TKP dengan teknologi, seperti CCTV dan lain sebagainya,” Tutup kapolres.(amiyadi)

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.