Polri  

Polda Sumsel Gelar Rapat Persiapan Pilkada 2024, Fokus pada Penyusunan Anggaran dan Naskah Renops Mantap Praja 2024

Palembang, FAKTUAL.CO.ID — Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) 19 Juni 2024

Mengadakan rapat koordinasi terkait penyusunan kegiatan dan dukungan anggaran. Rapat tersebut berlangsung pada Rabu, 19 Juni 2024, mulai pukul 08.30 WIB di Ball Room Hotel Santika Premier, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.
Acara ini dihadiri oleh sejumlah petinggi Polda Sumsel, antara lain Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rachmad Wibowo, S.I.K, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. M. Zulkarnain, S.I.K, M.Si, dan Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Feri Handoko Sunarso, S.H, S.I.K. Selain itu, para pejabat utama Polda Sumsel, para Kapolres/tabes di lingkungan Polda Sumsel, serta beberapa pejabat penting seperti Kasatintelkam, Kabagops, Kabagren, Kabaglog, Kasikeu Polres, dan operator juga turut hadir.
Dalam rapat ini, fokus utama adalah penyusunan naskah Renops (Rencana Operasi) Mantap Praja 2024 yang merupakan langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pilkada. Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A Rachmad Wibowo, dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi antara berbagai elemen kepolisian dan stakeholder terkait untuk memastikan Pilkada 2024 berlangsung aman dan lancar.
“Rapat ini sangat penting untuk memastikan semua persiapan, baik dari segi anggaran maupun operasional, berjalan dengan baik. Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal agar Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan tertib dan aman,” ujar Kapolda Sumsel.
Tidak hanya dari internal kepolisian, rapat ini juga melibatkan sejumlah pihak eksternal yang memiliki peran penting dalam proses Pilkada, seperti KPU Provinsi Sumsel yang diwakili oleh Andika Pranata Jaya, S.Sos., M.Si dan Bawaslu Provinsi Sumsel yang diwakili oleh Kurniawan, S.Pd. Hadir pula analis madya dari Ditintelkam Polda Sumsel, AKBP. Surapati, serta Kabag Renprogar Biroops Polda Sumsel, AKBP. Mursalin, S.Pd.
“Kerjasama antara KPU, Bawaslu, dan kepolisian sangat krusial untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam Pilkada mendatang. Kami berharap, melalui rapat ini, kita bisa menyusun strategi yang efektif untuk mengawal jalannya proses demokrasi ini,” kata Andika Pranata Jaya.
Rapat ini merupakan langkah awal dalam rangkaian persiapan panjang menuju Pilkada 2024. Semua pihak yang hadir sepakat untuk terus memperkuat koordinasi dan komunikasi guna menciptakan situasi yang kondusif bagi masyarakat selama tahapan Pilkada berlangsung.
Dengan adanya rapat ini, diharapkan segala bentuk perencanaan baik dari sisi teknis maupun anggaran dapat diatur dengan baik, sehingga penyelenggaraan Pilkada di Sumatera Selatan bisa berjalan lancar, aman, dan sukses.

**) IIkuti berita terbaru FAKTUAL.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
BACA JUGA :  Polres Bondowoso Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Dengan Gelar Kontes Bonsai di Hari Bhayangkara ke -77